Makanan Classic Tapi Asik : Lamang Tapai Di Jakarta

Bisikbisik.id – Indonesia memiliki keanekaragaman suku, budaya dan agama, begitupun juga makanan baik makanan berat maupun makanan ringan. Kalian pasti pernah mendengar makanan klasik yang terbuat dari beras ketan dan tape, diberbagai daerah di Indonesia makanan tersebut memiliki banyak varian rasa, warna dan bentuk. Tapi pernah kah kalian mendengar Lamang Tapai di jakarta khususnya.

Seperti dilansir wikipedia.org Lamang adalah beras ketan yang dimasak dengan santan dalam bambu muda. Bahan utamanya adalah beras ketam putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam. Beras ketan dicuci bersihkan dulu dan dimasukan ke dalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu dilapisi dalamnya dengan daun pisang kemudian baru dituangkan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api, dijaga jangan sampai ruas bambu terbakar.Tapai adalah tape beras ketan hitam yang dibuat dengan memfermentasikan beras ketan dengan ragi.

Lamang Tapai Di Jakarta
Lamang Tapai Di Jakarta

Lamang tapai merupakan makanan khas Sumatera Barat. Walaupun berasal dari Sumatera Barat , kalian dapat juga menemukan makanan clasik tersebut di pinggiran kota Kramat Raya, Jakarta.

Lamang Tapai di jakarta khususnya pinggir jalanan Kramat Raya , kalian dapat juga menemukan makanan khas Sumatera Barat. Kramat Jati dikenal dengan Sentra Makanan Padang, yang dikenal sejak tahun 80an. Untuk jam operasional ada yang buka hingga 24 jam. Untuk Lamang Tapai sendiri , kalian cukup mengeluarkan uang 35.000 rupiah kalian akan mendapatkan satu bambu yang berisi lamang dan  10.000 rupiah untuk tapainya.

Baca juga :

Segudang Manfaat Pisang

Untuk rasa tidak perlu diragukan lamang sendiri memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang gurih dicampur tapai yang memiliki rasa manis , asem dari hasil fermentasi menjadi satu membuat makanan clasik ini membuat nagih apabila dimakan.

Apakah kalian tertarik mencobanya? Kalian juga bisa lihat review Lamang Tapai di https://youtu.be/bmJNLkM-fvA

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img