Cendol Dari Pekalongan ?

Bisikbisik.id – Siang-siang gini enaknya minum yang seger-seger, ada es cendol, es buah , es doger, es kelapa dan es cincau. Sebelum keluar buat nyari yang seger-seger, kalian harus inget ya kalau sekarang lagi pandemi nih. Jadi protokol kesehatan harus selalu diterapkan, dari pakai masker dobel yaitu pakai masker medis kemudian masker kain, jangan lupa juga cuci tangan atau menggunakan handsanitizer. Perlu juga menjaga jarak ketika kalian sedang mengantri saat membeli makanan atau makan di rumah makan.

Bisikbisik.id punya referensi minuman yang bakalan bikin siang kalian yang panas jadi segar. Hayo ngaku, siapa dari kalian yang belum pernah minum es cendol. Kalian tahu gak sih es cendol seperti yang dikutip dari wikipedia bahwa es cendol adalah penganan yang dibuat dari tepung beras dan sebagainya yang dibentuk dengan penyaring, kemudian dicampur dengan air gula dan santan. Cendol merupakan minuman penutup es manis yang mengandung tetesan tepung beras hijau, santan, dan sirup gula aren. Cendol populer di Indonesia dan Asia Tenggara lainnya seperti Brunei, Cambodia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

Cendol pun memiliki beberapa varian isian ada yang dicampur dengan biji selasih, nangka, tape, ketan, durian, kelapa, alpukat dan lainnya. Salah satu isian yang di gemari adalah cendol durian,dengan mencampurkan santan, durian yang sudah di pisahkan dari bijinya, kemudian es batu, jangan lupa cendol dan terakhir gula merah yang sudah dilarutkan. Cendol durian yang ada di Jakarta,berada di daerah Tebet Utara, menawarkan kesegaran dari cendol durian. Penjual cendol durian menggunakan durian medan yang memiliki citarasa yang manis, dipadukan dengan cendol sangat cocok. Untuk 1 gelas cendol durian dibandrol dengan harga 13.000 rupiah. Sedangkan untuk 1 gelas cendol original dihargai 7.000 rupiah.

“Sejarah cendol dari Pekalongan , untuk resep pun dari jawa pekalongan, kemudian dibawa ke Bandung jadi terkenalnya dari bandung. Kebanyakan yang jual cendol dari Pekalongan”. Kata Pak Imam penjual cendol durian.

Baca juga :

Kelezatan Soto Mie Bogor

Cendol sendiri terbuat dari daun suji. Daun suji merupakan salah satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil yang baik. Tanaman ini bisa dikenali dari daunnya yang berwarna hijau gelap, berbentuk pita memanjang, runcing, dan bunganya yang berwarna putih kekuningan. Selain memberi aroma harum yang kuat dan khas pada makanan, manfaat daun suji untuk menjaga kesehatan tubuh pun tak bisa disepelekan.

Sumber Video Youtube : Nyobain bor

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img