Bakso Makanan Rakyat Rasa Sultan

Bisikbisik.id – Bakso , makanan rakyat yang dapat kalian temukan dihampir semua tempat dan daerah. Mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima. Bakso merupakan makanan yang mudah untuk diolah, dengan bahan daging giling kemudian dibulatkan dan direbus di dalam kuah.

Bakso dikaitkan dengan seni Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah bakso yang berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah mayoritas beragama muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Bakso bisa disebut sebagai makanan sultan karena bahan dasarnya mengunakan daging.

Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso berasal dari Tiongkok tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo.

Bakso Tiongkok biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnanya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.

Baca juga :

Batagor Kuah Benhil, Wajib Coba !

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

1 Comment

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img