Wamenag: Alumni Haji Harus Jadi Katalisator Pembangunan.

Bisikbisik.id — Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi meminta masyarakat yang sudah menunaikan ibadah haji bisa mengambil inisiatif dan peran penting dalam mengisi kemerdekaan

“Alumni haji harus dapat menjadi katalisator dan bagian penting dari pembangunan masyarakat dan bangsa,” kata Wamenag saat mewakili Menag Yaqut Cholil Qoumas memberikan sambutan virtual pada pembukaan Muktamar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) ke VII, Sabtu (21/8/2021).

“Alumni haji harus terus dijaga kemabruran, semangat, dan perannya dan menjadi “Haji Sepanjang Hayat”, sambungnya.

Menurut Wamenag, dengan menjadi haji sepanjang hayat, alumni haji akan selalu berperan positif dalam semua aspek kemasyarakatan, pemerintahan, politik, pendidikan, kesehatan, keamanan, dan lainnya.

Wamenag lalu mengulas hasil penelitian UIN Sunan Kalijaga pada tahun 2012. Riset ini menyimpulkan bahwa jemaah haji memiliki pengaruh besar dalam bidang ekonomi, politik, dan pendidikan pra kemerdekaan. Beberapa di antaranya kemudian menjadi pahlawan, penggerak perjuangan kemerdekaan, di antaranya adalah KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, Tuanku Imam Bonjol, A. Hasan, H. Agus Salim, KH. Abdul Wahab Hasbullah, HOS. Tjokroaminoto.

Pasca kemerdekaan, harapan orang terhadap kiprah alumni haji juga tetap besar. Mereka menjadi harapan perbaikan kehidupan sosial keagamaan di tengah masyarakat, termasuk dalam pencegahan pandemi Covid-19.

Baca juga :

Wamenag Apresiasi BPIP Minta Maaf dan Ubah Tema Lomba Karya Tulis.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img