PPATK Dukung Upaya Mencegah dan Memberantas Aktivitas Organisasi Terorisme di Indonesia

Bisikbisik.id – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) siap memberikan dukungan penuh dalam mencegah dan memberantas berbagai aktivitas organisasi terorisme di Indonesia melalui pemanatauan aliran dana.

Hal ini bukan tanpa alasan mengingat saatini terorisme menjadi salah satu isu global terkaitaksinya yang menciptakan terror dan meresahkan warga dunia.

Kepala PPATK, Dian Ediana Rae mengatakan bahwa sudah menjadi tanggung jawab PPATK dan sejumlah lembaga terkait lainnya, untuk proaktif terhadap situasi dan kondisi yang terjadi baik di dalam maupun di luar negeri, termasuk dengan adanya isu aksi terorisme.

“Segala sesuatu yang berpotensi mengancam integritas dan kemanan negara harus diantisipasi dan dimitigasi sejak awal, termasuk ancaman paham dan ideologi yang berpotensi masuk ke Indonesia dan mengarah ke radikalisme,” jelasnya.

Untuk itu, PPATK bekerja sama dengan sejumlahlembaga terkait, senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dalam hal pertukaran informasi, terutama terkait penelusuran dana yang berpotensi mengarah kepada pendanaan kelompok terorisme.

“PPATK secara rutin berkoordinasi denganbeberapa pihak seperti Kepolisian, BNPT, BIN, PihakPelapor, dan sejumlah lembaga lainnya, termasuk mitrakerja yang ada di luar negeri. Sinergi lintas lembagaseperti ini sangat mutlak dibutuhkan dalam upaya untuk mengantisipasi segala kegiatan yang berpotensi mengarah pada aktivitas terorisme. Terutama pertukaran informasi terkait pihak-pihak yang memiliki keterkaitan dengan aktivitas terorisme baik itu berupa dukungan simpatisan maupun pendanaan yang terjadidi Indonesia,” tegas Kepala PPATK.

Baca juga :

PPATK Luncurkan Naskah Penilaian Resiko Tahun 2021

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img