Kongres Kedua, Keluarga Alumni KAMMI Diharapkan Tingkatkan Sinergi dengan Pemerintah.

Bisikbisik.id – Upaya bangsa Indonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan nasional menuju Indonesia maju dan berdaya saing memerlukan peran segenap elemen bangsa. Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) termasuk salah satu elemen bangsa yang secara berkesinambungan memberikan peran positif bagi negeri melalui puluhan ribu alumninya, yang tersebar dan berkarya serta mengabdi di berbagai bidang kehidupan.

“Peran positif Alumni KAMMI ini harus terus dipertahankan, melalui partisipasi aktif dan kontribusi dalam memecahkan berbagai  masalah masyarakat dan  bangsa, bersinergi bersama pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendorong percepatan pembangunan nasional dan kemajuan bangsa,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Maruf Amin dalam Pembukaan Kongres Nasional II Keluarga Alumni KAMMI, melalui konferensi video dari Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No.2, Jakarta, Sabtu (28/08/2021).

Lebih lanjut, Wapres mengungkapkan beberapa harapan untuk dimusyawarahkan dan disepakati pada kongres ini. Pertama, Keluarga Alumni KAMMI diharapkan dapat merumuskan gagasan-gagasan segar dan inovatif terkait upaya pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kedua, Wapres berharap, Keluarga Alumni KAMMI dapat mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19 serta mengantisipasi pola hidup baru pascapandemi, yang sering disebut oleh para pakar akan berubah menjadi endemi.

“Target kita bukan hanya lepas dari pandemi, bukan sekedar keluar dari krisis, tetapi juga berupaya melakukan lompatan besar dengan mengambil hikmah dari krisis yang saat ini terjadi,” tegas Wapres.

Baca juga:

Wapres Tinjau Penerapan Protokol Kesehatan di Tempat Ibadah

Sejalan dengan tema kongres Bangkit dan Bersatu untuk Indonesia Maju’, Wapres juga memberikan arahan agar kongres ini dapat merumuskan kebijakan agar Keluarga Alumni KAMMI dapat proaktif turut menjaga kesatuan dan persatuan nasional.

“Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan 4 konsentus nasional, amanat dari para pendiri bangsa yang wajib kita hormati dan jaga bersama dalam rangka merawat persatuan dan kesatuan nasional,” pesan Wapres.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Keluarga Alumni KAMMI Rahman Budianto menyampaikan bahwa kongres nasional ini dilaksanakan secara daring dan luring di Hotel Royal Kuningan Jakarta, serta diikuti oleh 33 pimpinan wilayah dan 17 pimpinan daerah.

Sementara, Presiden Keluarga Alumni KAMMI Fahri Hamzah mengungkapkan bahwa kongres kedua ini adalah penyempurnaan dari kepengurusan periode pertama.

“Mudah-mudahan satu hari ini akan tuntas proses kita berkongres dan melahirkan struktur kepemimpinan baru yang baik, untuk bekerja mengorganisir alumni, paling tidak 4 tahun ke depan,” harapnya.

Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ahmad Muqowam, Koordinator Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Viva Yoga Mauladi, Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Hermawi Taslim.(Am).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img