5 Manfaat Biji Anggur, Nomor 4 Menakjubkan

Bisikbisik.id – Anggur dikenal dengan buah anggur yang merambat. Anggur dapat diolah menjadi jus anggur, minyak anggur, jeli anggur, bahkan kismis. Tak hanya buah anggur saja yang bermanfaat tapi biji anggur memiliki maanfat juga, berikut manfaat dari biji anggur :

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Biji anggur mengandung berbagai jenis antioksidan, yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta dapat menurunkan tekanan darah. Biji anggur juga mengandung tannin yang memberikan manfaat bagi kesehatan pembuluh darah. Tannin memperkuat dinding pembuluh darah sehingga tidak mudah rusak. Jika pembuluh darah rusak, risiko serangan jantung dapat meningkat.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan, proanthocyanidin dalam ekstrak biji anggur terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka. Manfaat ini diperoleh dengan mengoleskan ekstrak biji anggur secara langsung ke permukaan kulit yang terluka. Mekanismenya belum diketahui secara pasti. Namun, para peneliti meyakini bahwa ekstrak biji anggur dapat memicu produksi protein khusus yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pembuluh darah baru.

3. Menjaga kekuatan tulang

Selain melindungi sistem peredaran darah, kandungan flavonoid pada biji anggur juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Flavonoid dapat menjaga kesehatan tulang dengan cara mempertahankan kepadatan dan kekuatannya. Senyawa ini juga meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang menyusun tulang, otot, kulit, rambut, dan berbagai jaringan lain yang menyusun tubuh. Kesehatan seluruh jaringan ini amat bergantung pada produksi kolagen yang memadai.

4. Mencegah kanker

Ternyata dengan mengonsumsi biji anggur dapat meminimalkan risiko kanker kulit dan bahkan memperlambat pertumbuhan pembentukan tumor kulit. Bijinya juga bermanfaat untuk melawan kanker payudara, dan kanker prostat. Efeknya terhadap radikal bebas membantu menghentikan kerusakan sel yang meningkatkan risiko pengembangan penyakit ini.

Baca juga :

Bukan Tumbuh Pohon di Kepala, Melainkan ini Manfaat Biji Semangka

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img