Koes Hendratmo Diduga Meninggal Karena Penyakit Jantung, Pehatikan 6 Cara Cegah Penyakit Jantung

Bisikbisik.id – Kabar duka kembali menyelimuti dunia entertainment permusikan Indonesia. Presenter kondang yang membawakan acara berpacu dalam melodi meninggal dunia pada hari Selasa (07/08/21) di Jakarta. Koes Hendratmo meninggal tepat diusia 79 tahun. Koes Hendratmo merupakan seorang penyanyi legenda yang telah menitih karirnya pada tahun 1960.

Dilansir dari detik.id kabar duka telah dikonfirmasi dari Nia yang merupakan seorang manager dari Koes Hendratmo. Koes Hendratmo diperkirakan meningggal karena adanya penyakit riwayat jantung.

Perlu kita ketahui bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia bahkan dunia. Dilansir data dari Media Indonesia diperoleh data pada tahun 2018 penyebab kematian penyakit turun menjadi 1,5 %. 1.5 %. Memiliki arti bahwa masyarakat Indonesia 15 dari 1.000 memiliki Riwayat penyakit jantung.

Walaupun penyakit ini adalah penyakit no satu di dunia dan mematikan. Penyakit jantung dapat dicegah oleh masyarakat sejak dini.

Menurut Healthline, penyakit ini dapat dicegah dengan cara menerapkan atau merubah pola hidup sehat atau healty life style. Healty life style akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Dengan menerapkan healty life style tentunya akan meminimalisir penderita penyakit jantung hidup dengan jantung yang sehat.

Anda dapat memulai merubah gaya hidup anda ke gaya hidup yang lebih sehat. Hal yang dapat anda lakukan untuk merubah gaya hidup sehat, antara lain :

Tidur dengan waktu yang cukup

Tidur merupakan salah satu kebutuhan utama dari manusia. Tidur dengan cukup waktu membuat hidup akan lebih sehat.

Setidaknya tidurlah tidak kurang dari 7 jam dalam semalam. Seseorang yang memiliki waktu tidur yang cukup akan terhindar dari serangan jantung dan juga stroke.

Tidur dengan waktu kurang dari 7 jam akan menyebabkan tubuh tidak sehat dan tentu akan menimbulkan berbagai penyakit. Seperti risiko serangan jantung yang akan meningkat sebanyak 20%.

Selain itu tidur di atas 7 jam atau berlebihan juga tidak baik untuk tubuh. Orang yang memiliki jam tidur lebih dari 9 jam kemungkinan berisiko terkena serangan jantung dengan intensitas 34 %.

Rajin untuk berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan olah tubuh yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Olahraga dengan ratur akan membuat seseorang minim terkena serangan jantung sebesar 3 %.

Setidaknya berolahraga dengan teratur dengan minimal waktu 60 sampai 150 menit per minggu.

Menjaga pola makan dengan teratur

Salah satu dari gaya hidup sehat atau healty life style yaitu menjaga pola makan sehat. Pola makan yang sehat akan menjaga kondisi jantung dalam keadaan yang stabil.

Untuk menjaga kondisi jantung agar tetap sehat dan mencegah terjadinya serangan jantung, makanlah makanan yang mengandung vitamin, rendah kalori, memiliki nutrisi cukup, mengandung mineral dan juga serat.

Menjaga berat badan

Orang dengan berat badan berlebih atau obesitas berisiko terkena serangan jantung. Dikutip dari Kompas.com menyebtukan bahwa orang dengan barat badan berlebih berisiko terkena penyakit jantung koroner. Jika kelebihan berat badan hanya satu kilogram, memberikan peluang adanya kematian sebesar 1 %.

Maka dari kita dianjurkan untuk tetap menjaga berat badan dalam kondisi normal atau ideal. Cara agar berat badan normal dan tidak mengalami obesitas yaitu dengan cara menerapkan pola makan teratur.

Berusaha untuk berhenti merokok dan tidak merokok

Seseorang yang memiliki kebiasan merokok akan berisiko terkena penyakit serangan jantung.

Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung anda. Hal ini dikarenakan rokok memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menempel di dinding arteri. Dilansiri dari halodoc.com, rokok akan mengganggu sistem kerja arteri yang bertugas membawa darah ke jantung akan tersumbat. Tersumbatnya sistem kerja arteri akan membuat seseorang mengalami serangan jantung.

Seseorang yang memiliki kebiasan merokok dapat terkena serangan jantung menjadi empat kali lipat.

Menjaga tekanan darah

Terdapat faktor utama penyebab dari serangan jantung. Faktor utama tersebut adalah tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan seseorang mengalami strok dan juga serangan jantung.

Tekanan darah normal seseorang yaitu di bawah 120/80mmHg.

Terdapat cara untuk mencegah adanya tekanan darah tinggi. Mencegahnya dengan cara mengurangi konsumsi garam harian. Jika darah dalam tubuh mengandung natrium yang cukup banyak akan memperberat kerja ginjal. Kinerja ginjal yang berat merupakan penyebab dari adanya tekanan darah tinggi.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img