Ini Dia 8 Manfaat Jalan Kaki Pagi Hari yang Perlu Anda Ketahui

Bisikbisik.id – Bagi anda yang suka dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, pertahankan! Jalan kaki salah satu olahraga yang dapat dilakukan di mana saja dan tidak mengeluarkan budget besar. Walaupun tidak mengeluarkan budget besar, jalan kaki memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui mengenai manfaat jalan kaki. Jika dilakukan secara rutin olahraga jalan kaki tanpa disadari akan memberikan banyak manfaat.

Tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindari dari berbagai penyakit seperti jantung, obesitas dan diabetes. Berikut ini 8 manfaat jalan kaki yang perlu anda ketahui :

Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat dari jalan kaki adalah dapat menurunkan berat badan. Jalan kaki secara rutin setidaknya 30 menit sehari dapat menurunkan berat badan.

Jalan kaki selama 30 menit dapat mengurangi kadar kalori dalam tubuh sebanyak 150 kalori.

Jika anda mengimbangi jalan kaki setiap hari dan juga pola makan teratur maka berat badan anda akan menjadi lebih cepat turun.

Menyehatkan jantung

Manfaat kedua dari jalan kaki yaitu jantung akan menjadi lebih sehat. Orang yang sering berjalan kaki di pagi hari adalah pilihan yang tepat.

Sebab jalan kaki di pagi hari selama 30 menit dapat memberikan kesehatan jantung dan juga menurunkan tekanan darah yang terdapat di dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, jalan kaki juga dapat mencegah anda dari penyakit kardiovaskular. Dengan rajin berjalan kaki rutin akan membuat kinerja denyut jantung dan sirkulasi darah menjadi kuat.

Jalan kaki secara rutin akan memperkuat organ jantung. Tidak hanya itu saja tekanan darah dalam tubuh juga akan lebih terkontrol.

Sebelum melakukan olahraga jalan kaki rutin sebaiknya bagi anda yang memiliki Riwayat penyakit jantung untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Dapat mencegah terjadinya stroke

Jalan kaki dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Untuk dapat memaksimalkan manfaat jalan kaki, anda dapat melakukan jalan kaki 5 kali dalam seminggu.

Menurunkan dan dapat mengkontrol kolestrol

Selain mencegah terjadinya stroke, jalan pagi dapat memberikan manfaat kesehatan lain berupa menurunkan dan kontrol kolestrol dalam tubuh.

Kolestrol yang tinggi membuat keadaan badan dalam bahaya atau tidak sehat. Selain itu kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan timbulnya penyakit aterosklerosis.

Agar anda terhindari dari penyakit tersebut, untuk mencegahnya anda dapat memulai dengan merubah gaya hidup sehat dan banyak gerak.

Terhindari dari penyakit diabetes tipe 2

Jika anda rajin melakukan jalan kaki selama 30 menit, anda akan terhindari dari risiko penyakit diabetes. Jalan kaki akan membantu untuk control gula darah yang terkandung di dalam tubuh.

Tidak hanya itu jalan kaki juga akan mengontrol persediaan insulin dalam tubuh bagi penderita diabetes tipe 2.

Jalan kaki mencegah arthritis dan osteoporosis

Manfaat berikutnya jalan kaki membuat anda terhindari dari penyakit arthritis dan juga osteoporosis.

Dilansiri dari halodoc arthristic adalah peradangan sendi. Arthristic merupakan suatu kondisi peradangan yang menyerang beberapa sendi.

Penyebab dari adanya dua penyakit tersebut adalah efek dari gaya hidup seseorang yang tidak aktif.

Agar terhindari dari arthritis dan juga osteoporosis disarankan untuk memiliki aktivitas fisik yang cukup.

Aktivitas fisik dapat dilakukan dari hal ringan, seperti halnya aktivitas jalan kaki di pagi hari. Minimal lakukan jalan kaki pagi hari 5 kali dalam seminggu.

Mengurangi stress dan memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah dapat mengurangi stress dan memperkuat daya tahan tubuh seseorang.

Saat berjalan kaki tubuh akan menghasilkan hormone endorphin. Hormon endrofin yang terkandung di dalam tubuh akan mengurangi rasa cemas dan juga depresi.

Selain itu jalan kaki juga akan membuat tubuh menjadi lebih kuat. Jalan kaki dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Dapat meningkatkan fokus

Selain mengurangi stress dengan rajin berjalan pagi disetiap hari, hal itu akan meningkatkan daya fokus seseorang. Jalan kaki sangat bermanfaat untuk meningkatkan kejernihan mental.

Selain meningkatkan kejernihan mental, jalan kaki juga membuat kemampuan berfikir bertambah dan juga meningkatkan daya pikir secara kreatif.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img