Tidak Hanya Campuran Minuman Saja, Begini 8 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bisikbisk.id – Buah leci merupakan buah yang tumbuh umumnya di daerah beriklim tropis. Buah dengan nama lain Litchi memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan.

Buah yang berbentuk kecil memiliki rasa manis. Rasa manis membuat buah leci disukai oleh banyak orang. Buah yang banyak digunakan untuk campuran minuman dan makanan ini kaya akan manfaat. Anda perlu mengetahui apa saja manfaat leci untuk kesehatan dan kecantikan.

Menunda penuaan dini

Manfaat buah leci pertama yang perlu diketahui buah leci dapat menghambat penuaan dini. Seiiring bertambahnya usia pada diri seseorang lambat laun akan memunculkan tanda-tanda penuan.

Tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis-garis halus pada sekitar wajah. Bagi kamu yang sering berkegiatan di luar ruangan sering terpapar oleh sinar UV. Sinar UV membuat kulit menjadi kusam.

Munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kulit kusam akibat paparan sinar UV dapat kamu atasi dengan masker yang terbuat dari buah leci.

Masker dari buah leci akan mencegah garis-garis halus pada wajah. Buah leci mengandung antioksidan Antioksidan bisa memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Menyamarkan noda

Manfaat kedua leci bagi kecantikan yaitu dapat menyamarkan noda yang terdapat pada kulit. Noda dapat berasal dari efek hiperpigmentasi yang dihasilkan dari bekas jerawat.

Adanya noda pada wajah tentu membuat tidak percaya diri bukan? Setiap orang pasti menginginkan wajah yang halus dan tanpa noda.

Noda-noda pada wajah dapat kamu hapus dengan melakukan perawat wajah menggunakan buah leci. Adanya kandungan vitamin di buah leci membuat noda-noda wajah hilang.

Cara penggunaan cukup dengan mengoleskan masker buah leci dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan dilakukan secara rutin.

Mecerahkan warna kulit

Manfaat yang satu dapat mencerahkan warna kulit kamu. Buah leci yang kaya akan vitamin C tentu dapat mencerahkan warna kulit kamu.

Cara agar buah leci dapat mencerahkan kulit yaitu cukup dengan mengkonsuminya secara langsung. Selain mengkonsumsi secara langsung kamu dapat mengolahnya menjadi masker wajah. Dan gunakan masker leci sebagai perawatan wajah secara rutin.

Jangan gunakan masker leci secara berlebihan, karena leci memiliki asam yang tinggi. Kandungan asam yang tinggi dapat membuat kuli iritasi, jadi gunakan secukupnya.

Mengatasi luka bakar akibat matahari (sunburn)

Banyaknya kegiatan di luar ruangan membuat kulit akan menjadi kemerahan. Kemerahan terjadi karena adanya paparan sinar ultraviolet. Terpapar sinar ultraviolet tidak baik untuk kesehatan kulit. Hal itu terjadi karena sinar ultraviolet mengandung radikal bebas. Adanya radikal bebas membuat kulit akan menjadi kering.

Buah leci yang kaya akan vitamin dapat mengatasi sunburn ( luka bakar akibat matahari). Caranya yaitu gunakan masker dari buah leci yang telah dicampur dengan minyak zaitun.

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada Buah leci dan minyak zaitun dapat memulihkan kulit akibat luka bakar matahari. Selain kulit juga akan menjadi lebih cerah dan mengurangi efek peradangan.

Cocok untuk diet

Buah leci memiliki kandungan kalori yang rendah. Sehingga buah manis yang satu ini cocok dimakan saat sedang program diet. Buah leci ini dapat digunakan sebagai campuran dalam salah buah jika kamu ingin mengkonsumsinya.

Mencegah penyakit kanker

Leci dapat dimanfaatkan sebagai buah yang dapat mencegah penyakit kanker. Dalam buah leci terdapat kandungan zat flavonoid. Zat flavonoid ini lah yang memili peran untuk menghentikan perkembangan sel kanker yang ada dalam tubuh.

Menyehatkan organ-organ kasdiovaskuler

Manfaaat lain dari buah leci adalah dapat menyehatkan organ kardiovaskuler. Buah-buah dapat menjaga kesehatan organ dalam seperti jantung dan pembuluh darah.

Organ-organ tersebut dapat terjaga dengan sehat jika kamu rajin untuk mengkonsumsi buah-buah terutama leci.

Leci dapat menyehatkan orga-organ tersebut karena leci memiliki kandungan polifernol. Polifernol memiliki peran untuk memaksimalkan kerja jantung. Selain itu dapat berfungsi menstabilkan tekanan darah dan dapat mencegah penyakit stroke.

Menjaga kesehatan tulang

Memperhatikan kesehatan tulang sangat penting untuk jangka panjang. Beberapa orang mungkin melupakan akan kesehatan tulang bagi dirinya. Penyebab dari orang kurang memperhatikan kesehatan tulang karena kesibukan bekerja dan kurangnya olahraga serta pola makan.

Kesehatan tulang yang tidak diperhatikan akan memunculkan risiko terkena osteoporosis.

Penyakit osteoporosis dapat dihindari mulai saat ini. Cara menghindarinya cukup dengan merubah pola hidup dengan berolahraga dan memakan makanan bergizi serta mengkonsumi buah-buahan. Seperti buah leci salah satunya.

Buah leci mengandung mineral seperti tembaga, magnesium dan fosfor. Kandungan mineral memiliki peran penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Selain mengandung mineral, leci juga mengandung kalsium. Kalsium merupakan zat yang penting untuk pertumbuhan tulang.

Nah itu dia beberapa manfaat leci bagi kecantikan dan kesehatan yang perlu diketahui. Masih banyak beberapa orang yang tidak tahu mengenai manfaat buah leci. Walaupun banyak manfaatnya konsumsi leci dengan secukupnya.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img