9 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anda Agar Tetap Sehat

Bisikbisik.id – Mata adalah salah satu indra pengelihatan yang sangat penting bagi manusia. Dengan adanya indra pengeliatan manusia dapat melihat objek. Menjadi salah satu organ indra yang sangat penting, maka sangat dianjurkan untuk melindungi kesehatan mata agar tetap sehat.

Seiring dengan berjalannya kemajuan teknologi seperti meningkatnua penggunaan gawai dan perangkat elektronik lainnya menjadi salah satu penyebab terjadinya penurunan kesehatan mata yang menjadi buruk.

Namun tidak semua sumber penyakit mata bersumber dari penggunaan perangkat elektronik. Masalah peningkatan kesehatan mata yang memburuk juga disebabkan oleh penyakit katarak, mata kering, degenerasi macula, dll.­

Agar kesehatan mata anda tetap terjaga dalam kondisi sehat terdapat beberapa tips dan cara untuk menjaga kesehatan mata.

­Memakan makanan yang mengandung vitamin

Kesehatan mata dipengaruhi oleh gaya hidup manusia. Seperti halnya kebiasan makan dan juga aktivitas olahraga.

Memakan makanan yang mengandung vitamin tentu akan memberikan efek positif bagi organ tubuh. Terutama jika mengandung vitamin tertentu, seperti vitamin A, C dan E.

Vitamin A, C dan E sangat baik untuk menjaga kesehatan mat akita. Dengan mengkonsumi ketiga vitamin tersebut akan mengurangi risiko terkena penyakit mata, seperti halnya katarak dan degenerasi makula.

Makanan yang mengandung vitamin A, C dan E adalah buah sitrat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dll.

Minum dengan secukupnya (tidak dehidrasi)

Minum dengan cukup air akan menjaga kesehatan mata. Seseorang membutuhkan setidaknya 8 gelas air dalam sehari.

Menjaga berat badan

Berat badan berpengaruh dalam kesehatan mata. Dilansiri dari bisnis.com bahwa penyakit obesitas mempengaruhi kesehatan mata. Obesitas dapat meningkatkan tekanan darah di dalam indra pengelihatan.

Dengan begitu agar mata tetap dalam kondisi sehat, kita harus menjaga pola makan sehat agar tidak mengalami obesitas.

Aktif melakukan olahraga

Kegiatan fisik akan membantu anda dalam menjaga kesehatan mata. Rajin olahraga akan menurunkan risiko terkena penyakit mata. Orang yang jarang melakukan olahraga kemungkinan besar berisiko menyebabkan kesehatan mata menurun.

Tidak merokok atau berhenti merokok

Merokok merupakan aktivitas yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya buruk untuk paru-paru saja, namun juga buruk untuk kesehatan mata.

Merokok dapat membuat seseorang berisiko terkena penyakit degenari makula dan juga katarak. Selain itu merokok juga berbahaya untuk saraf optic seseorang.

Makan sayuran hijau

Selain memakan makanan yang mengandung vitamin C, A, dan E. Anda juga perlu untuk memakan makanan seperti sayuran hijau.

Sayuran memiliki kandungan serat yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan mata.

Berdasarkan data dari Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran berdaun hijau memiliki sumber lutein dan zeaxanthin, vitamin dan beta karoten. Kandungan tersebut dapat membantu mata terhindari sinar UV dan radiasi.

Memeriksa mata secara rutin

Untuk mengetahui keadaan mata anda sehat atau tidak diperlukan pemeriksaan mata secara rutin. Masyarakat dianjurkan untuk rutin memeriksakan matanya dengan rutin dua tahun sekali.

Sedangkan orang yang sudah memiliki usia lanjut disarankan untuk memeriksakan matanya setiap tahunnya.

Pemeriksaan mata dengan rutin bertujuan untuk mengetahui adanya penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia.

Tidak menggunakan peralatan elektronik dalam jangka waktu lama

Gawai dan alat elektronik lainnya jika digunakan setiap waktu membuat mata menjadi Lelah.

Ketahuilah ciri-ciri mata anda jika mengalami kekelahan akibat menatap layer gawai dan eletronik.

Ciri-ciri tersebut adalah sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan juga punggung, mata kering, dan pandangan anda kabur.

Banyak orang yang bekerja dengan laptop, komputer, dan gawai. Sehingga mereka sering sekali berlama-lama di depa sinar biru.

 Istirahatkan lah mata anda dengan cara mengalihkan pandangan anda selama 20 detik dan 20 menit sesekali atau 15 menit pada setiap 2 jam sekali. Hal itu dilakukan agar mata anda tetap sehat.

Jika mata anda terasa kering kedipkan mata atau anda dapat menetaskan obat tetes mata.

Menghindari paparan sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet membuat mata tidak sehat. Mata yang sering terkena paparan sinar ultraviolet dapat terkena penyakit mata seperti katarak, degenerasi makula, terbakarnya kornea dan kanker mata.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img