Awas Diabetes Tipe 1 pada Anak! Kenali 3 Penyebab Diabetes Tipe 1

Bisikbisik.id – Sebagian dari anda mungkin lebih banyak mengetahui mengenai diabetes type dua dari pada diabetes type 1. Diabetes type 1 lebih banyak diderita oleh anak-anak dan remaja dengan kisaran usia sekitar 4-14 tahun.

Sebelumnya kalian tahu ga sih apa itu diabetes type satu?

Seperti yang telah disinggung pada awal artikel bahwa diabetes tipe satu ini banyak diderita oleh anak-anak. Anak-anak yang menderita diabetes tipe satu dalam tubuhnya tidak dapat memproduksi hormone insulin.

Hormone insulin sangat dibutuhkan bagi tubuh agar tetap dapat menjalani hidup. Dikutip dari halodoc, diabetes tipe 1 adalah keadaan dimana seorang anak memiliki ketergantungan pada insulin. Hal ini terjadi karena pankreas tidak dapat memproduksi insulin untuk tubuh.

Pada dasarnya tubuh memerlukan insulin. Insulin sangat dibutuhkan bagi tubuh, karena insulin memiliki tugas untuk mengkontrol glukosa atau gula yang terdapat dalam sel dari darah.

Pada kasus penderita diabetes tipe, tubuh dari penderita diabetes tipe satu ini glukosa yang ada dalam darah tidak bisa diserap oleh sel-sel yang berada dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan adanya gejala dan bisa terjadi komplikasi.

Insulin yang mengontrol gula darah ke dalam tubuh memiliki cara kerja dengan cara memberikan sinyal kepada sel-sel. Sel-sel ini kemudian akan mengambil glukosa dari darah. Glukosa yang diambil dari darah akan diubah menjadi sumber energi.

Tubuh yang tidak memiliki cukup insulin akan menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh melonjak.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan insulin harian dalam tubuh, anak-anak yang memiliki riwayat diabetes tipe satu digantikan dengan suntikan insulin.

Orang tua yang anaknya menderita diabetes tipe 1 harus belajar mengenai cara menyuntikan insulin, memahami tentang menghitung kebutuhan karbohidrat harian dan menjaga gula darah anak.

Dalam meningkatkan dan menjaga gula darah agar tetap normal para orangtua dapat melakukan dengannya cara memantau dengan baik gula darah dan juga penggunaan insulin secara teratur.

Anak-anak yang menderita penyakit diabetes tipe 1 ini memiliki beberapa gejala yang harus diketahui para orang tua. Gejala-gejala tersebut, antara lain :

  • Akan sering buang air kecil (polyuria) di malam hari
  • Penderita diabetes tipe satu akan sering merasakan haus (polydipsia)
  • Selain merasa haus penderita akan sering merasakan lapar (polyphagia)
  • Penderita akan mengalami berat badan yang turun walaupun tidak melakukan diet
  • Pandangan kabur
  • Penderita merasakan kelelahan
  • Jika mengalami luka, luka akan sembuh dalam waktu lama
  • Merasakan kaku pada kaki
  • Selain itu penderita mudah diserang penyakit infeksi

Penyebab faktor diabetes tipe 1 pada anak-anak

Pada beberapa kasus diabetes tipe satu yang terjadi pada anak-anak menyerang pada system kekebalan tubuh yang memiliki tugas untuk menjaga tubuh dari bakteri dan virus mengalami kesalah yaitu mengancurkan sel penghasil insulin.

Terjadinya keliruan tersebut diakibatkan dari adanya faktor genetik. Selain faktor genetik juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Akibat dari hancurnya sel-sel penghasil insulin di pangkreas yaitu tubuh menghasilkan insulin menjadi lebih sedikit dan bisa tidak menghasilkan insulin.

Faktor riwayat keluarga dan genetika

Faktor yang pertama berpengaruh pada penyebab terjadinya diabetes tipe 1 pada anak-anak adalah adanya faktor riwayat keluarga atau keturunan.

Seseorang yang memiliki riwayat penderita diabetes berisiko menderita diabetes tipe satu. Hal ini perlu menjadi perhatian, bahwa jika terdapat anggota keluarga terdahulunya terkena diabetes tipe 1, keturunannya akan terkena diabetes dengan tipe yang sama.

Selain itu faktor genetika juga berpengaruh pada penyebab terkena risiko penyakit diabetes tipe 1. Faktor genetika ini memiliki tingkat risiko diabetes pada anak-anak.

Penyebab dari adanya diabetes tipe 1 yang disebabkan oleh genetika sering dijumpai dengan kondisi autoimun., seperti IPEX syndrome (Immune dysregulation, polyendocrinopthy, enteropathy, X-Linked).

Faktor lingkungan (geografi) dan paparan virus

Faktor kedua dapat disebebkan dari faktor lingkungan dan paparan virus. Lingkungan berkaitan dengan paparan virus. Virus yang dimaksud adalah coxsackie virus dan rotavirus. Selain adanya virus, bakteri juga memiliki pengaruh dari penyebab penyakit diabetes tipe 1. Salah satu bakteri yang mempengaruhi adalah Mycobacterium avium.

Terdapat faktor lain penyebab dari adanya diabetes tipe 1 pada anak-anak. Faktor tersebut adalah predisposisi lain seperti halnya gluten wheat-proteins, kekerungan vitamin D dan komponen albumin yang terdapat pada susu sapi.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img