Mendagri: Ini Langkah Strategis, Semua Terintegrasi

Bisikbisik.id – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian langsung akan membuat surat edaran kepada seluruh Kepala Daerah, terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Tanah Air, Indonesia. Ini setelah dirinya melihat langsung peluncuran Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian Digiital Nasional (ASAP Digital Nasional) untuk mengantisipasi, menjaga dan mencegah Karhutla.

Tito Karnavian bahkan mengucapkan terimakasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menginisiasi aplikasi ASAP Digital Nasional dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan.

“Saya selaku Mendagri beserta seluruh keluarga besar mendagri ucapkan terimakasih dan apresiasi ke Bapak Kapolri yang sudah menginisiasi aplikasi sistem analisa penanggulangan karhutla berbasis digital nasional. Ini sangat bermanfaat dan berguna untuk tingkat provinsi, kota dan kabupaten,” ucap Tito Karnavian, di acara peluncuran ASAP Digital Nasional di Mabes Polri, Rabu (15/9/2021).

“Ini langkah yang stratgeis sekali. Sekarang dinintegrasikan oleh Bapak Kapolri melalui aplikasi ini yang bisa memantau secara nasional. Mulai dari tingkat bawah otomatis akan terintegrasi juga seluruh stakeholder penanganan karhutla. Apalagi MoU sedah ada di pimpinan masing-masing,” sambungnya.

Baca juga :

Aplikasi ASAP Polri Akan Dibawa Menteri LHK Menjadi Percontohan di Tingkat Dunia

Menurut Tito Karnavian, aplikasi ASAP Digital Nasional ini akan mampu menekan, menjaga dan mencegah kebakaran hutan secara meluas. Titik api kecil langsung terpantau dan langsung diatasi atau dipadamkan oleh anggota di lapangan.

“Dari Kemendagri langsung masuk dalam sistem ini menyangkut batas wilayah agar sistem dukcapil juga bisa diintegrasikan ke sistem ini. Kami juga akan mendorong upaya pencegahan karhutla. Kita harap, anggaran daerah terkait penanganan kebakaran hutan ini bisa segera diadakan untuk terus bekerja memantau hutan Indonesia secara baik,” tandas Tito Karnavian.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img