Tau Gak Sih, Biji Nangka Banyak Manfaatnya Loh

Bisikbisik.id – Buah nangka dapat dimakan langsung ataupun dijadikan campuran untuk makanan pencuci mulut seperti es, kolak dan jus. Dapat juga diolah menjadi manisan serta dodol. Namun tak hanya nangka yang dapat diolah namun bijinya juga, biji nangka dapat dimakan dengan cara direbus terlebih dahulu. Tapi tahukan kalian bahwa biji nangka memiliki banyak manfaat, seperti yang telah dirangkum bisikbisik :

Dapat Melancarkan Pencernaan

Dari sejak dahulu kala, biji nangka sudah digunakan sebagai obat alami untuk melancarkan pencernaan dan mengobati diare. Kandungan serat yang berada di biji nangka juga berperan untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga tubuh terkena kanker usus besar.

Biji Nangka untuk Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan diet, ada baiknya kamu sering menjadikan biji nangka rebus sebagai camilan. Biji nangka dapat membantu mengendalikan nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat kamu tidak banyak makan dan dapat menurunkan berat badanmu.

Mencegah Anemia

Biji nangka juga mengandung zat besi yang banyak, sehingga mengonsumi biji nangka dapat membantu kamu mencegah anemia. Biji nangka yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu memenuhi nutrisi bagi tubuh. Nutrisi yang banyak dikandungnya adalah zat besi yang diketahui sebagai sumber komponen hemoglobin. Makanan yang menjadi sumber zat besi inilah membantu mencegah resiko terjadinya anemia. Selain itu, zat besi juga mencegah kelainan pada darah, menjaga otak dan jantung tetap sehat.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada biji nangka membuatnya mampu mencegah tubuh terkena kanker. Selain itu, mengonsumsi biji nangka dapat menurunkan risiko perempuan terkena kanker payudara.

Baca juga :

Awas Diabetes Tipe 1 pada Anak! Kenali 3 Penyebab Diabetes Tipe 1

Memelihara Kesehatan Mata

Salah satu kandungan yang terdapat pada biji nangka adalah vitamin A. Vitamin A terkenal dapat memelihara kesehatan mata dan mencegah mata terkena penyakit seperti rabun senja dan katarak.

Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan Rambut

Salah satu khasiat yang dapat kamu temukan dari biji nangka adalah membantu melancarkan sirkulasi darah di tubuh. Hal ini membuat pertumbuhan tubuh menjadi lebih terjaga dan lebih menyehatkan rambut. Kandungan vitamin A pada biji nangka juga mampu mencegah rambut rontok.

Biji Nangka untuk Kesehatan Kulit

Ternyata biji nangka memberikan manfaat bagi kesehatan kulit, yakni melawan keriput dan meredakan jerawat di wajah. Caranya sangat mudah dan sederhana. Semua orang bisa mempraktekkannya di rumah. Buatlah masker wajah dengan campuran biji nangka dan ditambahkan susu dingin.

Langkah pertama rendamlah biji nangka dengan campuran madu dan susu. Setelah itu haluskan sampai berbentuk pasta. Oleskan bahan tersebut pada wajah secara merata dan biarkan beberapa menit sampai mengering. Setelah dirasa cukup, bilas sampai bersih. Masker dari biji nangka ini dapat menyamarkan keriput dan garis halus yang ada di wajah karena penuaan.

Meningkatkan Kesehatan Seksual

Selain beberapa manfaat di atas, biji nangka juga bermanfaat untuk kesehatan seksual. Bahan ini dianggap sebagai afrodisiak karena kaya akan zat besi. Mineral inilah yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan atau gairah seksual baik pada pria maupun wanita. Mineral ini juga mampu membantu untuk mencapai orgasme.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img