5 Manfaat Air Kelapa, Salah Satunya Dapat Membuat Wajah Awet Muda Loh!

Bisikbisik.id – Air kelapa merupakan salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang. Apalagi jika diminum di siang hari akan menyegarkan tenggorokan kita. Tak hanya untuk menyegarkan saja, namun air kelapa dikenal sebagai air yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Air kelapa dapat memberikan tambahan elektrolit dan mineral dalam tubuh. Selain itu air kelapa juga kaya akan kandungan nutrisi seperti halnya antioksidan yang dapat digunakan untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak.

Tidak hanya itu saja yang terkandung di dalam air kelapa. Masih banyak lagi kandungan yang terdapat di dalam nya.

Air kelapa mengandung gula, namun kandungan gula tidak terlalu banyak. Selain mengandung gula, terdapat karbohidrat sebanyak 3.8 g, protein sebanyak 0.1 g, lemak 0.1g, 15 mg kalsium, 8 mg Fosfor, 0.2 mg besi, 1 mg natrium, dan 149 mg kalium.

Dilansir dari alodokter air kelapa dapat dijadikan sebagai alternatif air putih jika mengalami dehidrasi.

“Air kelapa tentu sangat banyak memiliki manfaat. Air kelapa ini juga bisa digunakan menjadi alternatif air putih ketika tubuh mengalami dehidrasi. Air kelapa memiliki kandungan untuk melawan radikal bebas. Manfaat air kelapa juga dapat memberikan kesegaran alami, kandungan mineral dan nutrisinya baik untuk kesehatan tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung,” kata Dr. Muhammad Ainul Rohaman

Air kelapa kaya akan nutrisi, vitamin dan antioksidan yang manfaatnya dibutuhkan oleh kesehatan. Berikut ini kami rangkumkan manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh.

Memperlambat penuaan dini

Air kelapa tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, namun juga dapat bermanfaat untuk kecantikan. Air kelapa dapat memperlambat penuaan diri. Air kelapa membuat kulit anda lebih halus dan membuat wajah lebih muda.

Hal itu terjadi karena pada air kelapa terdapat kandungan sitokin. Kandungan sitokin yang merupakan salah satu hormone dalam tubuh mengalami pertumbuhan. Air kelapa yang mengandung sitokin berfungsi sebagai perkembangan, mengatur pertumbuhan dan juga penuaan yang terjadi pada sel.

Kandungan sitokin dalam air kelapa membantu untuk menyeimbangkan kadar Ph, sitokin juga akan memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat.

Tidak hanya itu saja, manfaat air kelapa salah satunya dapat mengurangi risiko dengan penyakit yang berhubungan dengan usia seseorang.

Meningkatkan stamina

Manfaat air kelapa yang kedua yaitu air kelapa dapat digunakan untuk memenuhi cairan tubuh. Selain itu manfaat air kelapa dapat untuk mengatasi dehidrasi pada seseorang.

Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat air kelapa yang ketiga air kelapa yang mengandung antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari adanya paparan radikal. Paparan radikal akan menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit.

Baik untuk kesehatan penceraan

Manfaat air kelapa yang satu ini adalah unuk kesehatan pencernaan. Air kelapa bermanfaat saat menderita diare. Dikarenakan air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Hal ini terjadi karena air kelapa mengandung asam amino, enzim, mineral dan juga adanya asam lemak. Semua itu dapat membuat air kelapa memiliki osmolaritas tinggi.

Air kelapa dapat menggantingkan cairan yang hilang dan menjaga keseimabangan serta mencegah adanya dihidrasi akibat penceraan. Air kelapa dapat melakukan itu karena dalam air kelapa terdapat kandungan natrium, klorida rendah tetapi tinggi gula, dan juga mengandung asam amino.

Mencegah penyakit jantung dan batu ginjal

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah mencegah adanya penyakit jantung dan juga batu ginjal. Untuk yang pertama kita akan membahas mengenai pencegahan risiko penyakit jantung terlebih dahulu.

Manfaat air kelapa dapat menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada dalam darah. Pengurangan kadar kolestrol jahat (LDL) tersebut dapat mengurangi pengumpukan lemak. Adanya penumpukan lewak di dalam tubuh menjadi salah satu penyebab dari adanya risiko penyakit jantung.

Selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung, air kelapa bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal.

Air kelapa bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini dilakukan dengan cara meminum air kelapa dengan rutin.

Dilansiri dari hellosehat bahwa air kelapa dapat mencegah batu ginjal. Bersumber dari hellosehat, berdasarkan penelitian yang berjudul prophylactic of coconut water membuktikan bahwa air kelapa dapat mencegah kristal yang menempel pada ginjal dan salutan kemih.

Hal tersebut dapat terjadi karean air kelapa dapat menangkal adanya radikal bebas. Radikal bebas ini dapat terbentuk karena disebabkan dari adanya kadar oksalat dalam urine yang tinggi.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img