7 Cara Ampuh Atasi Insomnia Secara Alami

Bisikbisik.id –  Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur berupa kesulitan untuk tidur pada malam hari. Gangguan tidur ini sangat mengganggu bagi aktivitas keseharian seseorang dalam menghadapi hari-harinya. Insomnia yang terjadi pada diri kita harus segera diatasi. Jika tidak diatas akan mempengaruhi kualitas kesehatan dan juga dapat mempengaruhi kondisi mental. Maka dari itu jika terjadi insomnia harus segera diatasi atau dicegah oleh.

Nah sekarang bagaimana cara mengatasi insomnia dan mendapatkan kualitas tidur yang baik? Tentunya mengatasi insomnia tanpa obat-obatan yah. Sebisa mungkin gangguan insomnia ini kita atasi dengan cara alami.

Ada beberapa cara dengan mudah untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia. Berikut ini cara mengatasi sulit tidur atau insomnia yang dapat mengganggu aktivitas kamu.

Cara mengatasi insomnia

Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan insomnia terjadi pada diri kamu. Insomnia dapat terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, gangguan psikologi, kesehatan fisik dan termasuk kenyamanan kamar kamu.

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi insomnia yang kamu alami. Berikut ini cara mengatasi insomnia tanpa obat-obatan :

Bikin kamar terasa nyaman

Pertama-tama cara mengatasi insomnia yaitu dengan membuat kamar kamu senyaman mungkin untuk tidur. Kenyamanan kamar untuk tidur itu cukup berpengaruh pada gangguan tidur/insomnia.

Gunakan lah kamar tidur jika kamu dalam keadaan merasa lelah dan mengantuk dan berniat untuk tidur atau istirahat. Kamar yang digunakan untuk tidur jangan digunakan untuk melakukan aktivitas harian seperti bekerja dan kegiatan lainnya.

Selain itu aturlah suhu kamar senyaman mungkin. Atur suhu agar tidak terlalu panas atau dingin. Rekomendasi suhu untuk tidur yaitu 18 derajat celcius. Agar tidur semakin nyenyak matikan lampu ketika kamu akan tidur.

Konsisten dengan jam tidur

Cara yang kedua adalah kamu harus mempunyai jam tidur yang konsisten atau terjadwal. Jadwal tidur akan membuat tubuh mudah untuk beristirahat.

Waktu tidur yang tidak konsisten akan menjadi penyebab munculnya insomnia. Perubahan jam tidur yang tidak teratur akan membuat ritme sirkadian yang memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme tubuh terganggu.

Tidak merokok atau menghindari rokok

Cara selanjutnya yaitu menghindari untuk merokok atau tidak merokok. Merokok dapat menyebabkan kemungkinan kualitas tidur tidak bagus.

Hal ini terjadi karena berhubungan dengan efek stimulasi nikotin. Hal ini dijelaskan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas John Hopkins.

Mendengarkan dan terapi music

Terapi music dapat membuat anda terhindar dari gangguan insomnia. Mendengarkan music yang lembut akan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Terapi musik dapat mengurangi intensitas untuk terbangun di malam hari dan juga dapat meningkatkan kepuasaan tidur sehari-hari.

Berolahraga dengan rutin

Melakukan olahraga dengan rutin membuat tidur malam menjadi semakin mudah. Dengan melakukan olahraga secara rutin insomnia dapat dicegah.

Dilansir dari halodoc bahwa dengan berolahraga secara rutin berdasarkan jurnal Randomized Controlled Trial olahraga selama 120 menit atau dua jam per minggu selama enam bulan memberikan manfaat.

Manfaat tersebut berupa berkurangnya gejala insomnia. Selain insomnia olahraga juga dapat mengurangi depresi dan gangguan kecemasan.

Menggunakan aromateraphy lavender

Pada saat tidur untuk mencegah insomnia, anda disarankan untuk memasang aromateraphy lavender di kamar.

Aromateraphy lavender membuat tidur akan menjadi semakin nyenyak. Dilansiri dari klikdokter hal ini terbukti dengan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015.

Bahwa 159 wanita pasca melahirkan diberikan aromateraphy lavender. Para wanita ini mempraktikan penggunaan aromaterpahy selama 8 minggu. Bahwa dalam 8 minggu tersebut terbukti bahwa kualitas tidur mereka meningkat.

Sedangkan pada tahun 2017 dilakukan sebuah penelitian. Penelitian itu melibat sebanyak 60 pasien penyakit jantung. 60 pasien diminta pada saat tidur untuk menghirup aromateraphy lavender.

Sebanyak 20 % dari 60 pasien memberikan testimoni bahwa kualitas tidur mereka meningkat. Selain itu rasa cemas yang mereka alami juga berkurang.

Tidak mengkonsumsi kafein

Konsumi kafein seperti pada minuman kopi dan juga teh akan membuat tidur semakin susah. Maka dari itu tidak disarankan meminum kopi, teh dan juga menuman lainnya yang mengandung kafein di malam hari.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img