Suka Olahraga Renang?Simak 8 Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan

Bisikbisik.id – Olahraga air merupakan salah satu olahraga yang menjadi favorit bagi beberapa orang. Karena dalam melakukan olahraga ini kita terasa kelelahan pada saat melakukannya.

Melakukan olahraga air merupakan hal yang sangat menyenangkan dan digemari oleh banyak orang.

Selain digemari oleh banyak orang. Olahraga air seperti berenang membuat tubuh menjadi lebih fit. Tidak hanya membuat tubuh menjadi fit. Olahraga air juga memiliki manfaat bagi kesehatan tentunya.

Jadi apa saja sih manfaat olaharaga air bagi kesehatan tubuh? Berikut ini  penjelasan lengkapnya mengenai manfaat olagraga air.

Tulang menjadi lebih kuat

Manfaat pertama dari olarhaga air salah satunya yaitu memperkuat tulang. Gerakan yang dilakukan pada saat melakukan olahraga air seperti mengayuh akan meningkatkan kepadatan tulang.

Meningkatnya kepadatang tulang akan membuat seseorang terhindar dari risiko osteoporosis pada saat mencapai usia lanjut.

Mengurangi stress/ menjaga kesehatan mental

Manfaat kedua olahraga renang dapat membuat tubuh menjadi tenang. Ketika tubuh mulai masuk ke dalam air. Tubuh akan menjadi lebih tenang. Selain itu pikiran juga menjadi lebih santai.

Hal ini terjadi karena pada saat melakukan olahraga air tubuh akan menghasilkan hormone endorfin. Hormone endorfin membuat suasana hati akan menjadi lebih senang.

Menambah tinggi badan

Manfaat olahraga air yang paling dikenal yaitu menambah tinggi badan. Tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat namun dengan rutin melakukan olahraga renang membuat tubuh menjadi tinggi.

Untuk anak-anak usia dini disaran untuk belajar renang sejak dini.

Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat dari olahraga air adalah dapat menurunkan berat badan. Olahraga air cukup bagus untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Jika kamu sedang melakukan diet, imbangi juga dengan olahraga air yah.

Dengan olahraga air lemak di dalam tubuh dengan cepat terbakar dan membuat berat badan turun dengan cepat. Namun lakukan olahraga air dengan rutin dan konsisten, jika ingin memperoleh hasil cepat.

Membakar kalori

Dilansiri dari kompas.com manfaat olahraga air yang satu ini dapat membakar kalor dengan banyak. Berdasarkan penjelasan dari Dr. Roberrt Wilder yang merupakan seorang fisiolog bahwa olahraga lari yang dilakukan di air banyak membakar kalori. Kalori yang dibakar sekitar 11,4 kalori per menit.

Jika kita melakukan olahraga air yang dilakukan selama 30 menit, hal itu memiliki arti. Bahwa selama 30 menit telah membakar kalori sebanyak 345 kalor.

Berbeda dengan lari di darat. Lari di darat dengan waktu 30 menit. Mengeluarkan kalori sebesar 144 kalori. Perbedaan yang sangat signifikan jika dibandingan renang 30 menit dan lari di darat dengan waktu yang sama.

Mencegah diabetes

Tidak hanya menambah tinggi saja dan menurunkan berat badan. Ternyata olahraga renang juga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

Hal ini terjadi karena pada saat melakukan olahraga renang akan terjadi pembakaran kalori. Tidak hanya terjadi pembakaran kalori saja namun juga pembakaran lemak.

Dengan adanya pembakaran kalori dan juga lemak, hal itu dapat membebaskan anda dari risiko penyakit diabetes.

Mencegah atau mengobati penyakit Arthritis

Selain bermanfaat untuk mencegah penyakit arthritis. Olahraga air juga memiliki manfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit arthritis.

Arthritis merupakan penyakit nyeri sendi. Pada saat melakuka olahraga penyakit ini bisa jadi membahayakan bagi penderita arthritis.

Namun karena sifat air yang memiliki sifat menenangkan, hal ini cocok untuk penderita arthritis.

Olahraga air dapat menimalisir cedera pada penderita penyakit arthritis.

Menyehatkan jantung

Dilansir dari intisari.grid bahwa air memiliki sifat yang menenangkan dan dapat melemaskan otot-otot tubuh. Sifat air yang menenangkan dan melemaskan otot tubuh memiliki pengaruhi positif bagi jantung.

Terdapat hubungan antara menyehatkan jantung dan pernapasan. Jika jantung berada dalam kondisi sehat, maka pernapasan akan meningkat menjadi lebih baik.

Pernapasan akan menjadi lebih kuat dan panjang, jika anda rutin melakukan olahraga air.

Pernapasan yang menjadi lebih baik terjadi karena pada saat melakukan olahraga air otot akan memacu aliran darah ke jantung. Tidak hanya jantung namun juga ke paru-paru aliran darah menjadi lebih lancar.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img