8 Khasiat Teh Hijau yang Didapatkan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Bisikbisik.id – Teh hijau salah satu macam teh yang dapat kamu temui di dunia. Teh hijau merupakan salah satu minuman berkhasiat dan menyehatkan tubuh. Teh hijau yang mengandung senyawa catechin membuat teh hijau memiliki khasiat. Senyawa catechin adalah antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Selain itu antioksidan yang terkandung di dalam nya dapat mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Teh hijau mengandung berbagai kandungan vitamin lainnya. Seperti polifenol, fluoride, vitamin C, vitamin K, kalium, natirum, flour, seng dan mangan. Berbagai kandungan itulah yang membuat teh hijau berkhasiat bagi tubuh.

Salah satu manfaat teh hijau yang paling sering kita kenal yaitu dapat mengurangi berat badan loh!

Sesungguhnya masih banyak lagi loh manfaat mengkonsumi teh hijau yang perlu kamu ketahui. Nah apa saja sih khasiatnya? Yuk simak penjelasan khasiat teh hijau bagi kesehatan.

Menjaga berat badan dan menurunkan berat badan

Khasiat yang satu ini pasti sudah banyak diketahui oleh semua orang. Bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah berat badan tetap ideal.

Hal ini terjadi dapat terjadi karena dalam teh hijau memiliki zat aktif. Zat aktif yang ada dalam teh hijau yaitu EGCG. EGCG memiliki kegunaan yang dapat untuk mengurangi berat badan. Namun perlu anda ketahui, bahwa teh hijau dapat menurunkan berat badan itu belum ada penelitiannya. Hal ini dilansir dari jovee.id.

Namun walaupun belum dapat dipastikan menurunkan berat badan. Teh hijau dapat menjaga berat badan anda agar tetap ideal loh.

Khasiat teh hijau dalam menjaga berat badan ideal dapat anda lakukan dengan cara mengkonsumsinya 1 atau 2 gelas per hari. Tentu tanpa gula yah.

Dengan mengkonsumsi teh hijau 1 sampai 2 gelas per hari, kalori dalam tubuh sebanyak 50.000 kalori berkurang.

Mencegah penyakit diabetes

The hijau dapat mencegah risiko penyakit diabetes. Teh hijau memiliki kegunaan untuk meningkatkan kinerja insulin. Sehingga insulin dalam tubuh dapat terpenuhi. Selain itu teh hijau juga dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga orang yang sering mengkonsumi teh hijau dapat terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Disarankan untuk mengkonsumi teh hijau 6 gelas teh per hari.

Mengurangi stress

Khasiat teh hijau selanjutnya yaitu dapat mengurangi stress. Teh hijau mengandung kafein, walaupun tidak sebanyak kandungan kafein pada kopi.

Kandungan kafein dalam teh hijau dapat mengurangi stress. Anda dapat mengkonsumsi teh hijau 5 kali dalam sehari.

Selain kandungan kafein, teh hijau juga memiliki kandungan L-teanin yang dapat mengurangi stress. Adanya L-teanin dalam teh hijau dapat memberikan efek relaksasi. L-teanin juga dapat meredakan stress.

Mencegah penyakit kanker

Khasiat teh hijau selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Dalam teh hijau terdapat kandungan polifenol. Polifenol dalam teh hijau dapat membantu membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Dilansiri dari jovee.id bahwa terdapat penelitian mengenai teh hijau dapat mencegah penyakit kanker. Penelitian ini menyebutkan bahwa 472 wanita yang menderita penyakit kanker payudara dapat membuktikan. Mereka membuktikan bahwa penyakit kanker payudara dapat menurun.

Dapat meningkatkan fungsi otak

Khasiat teh hijau selanjutnya yaitu dapat meningkatkan fungsi otak. Teh hijau memiliki bahan aktif seperti kafein. Kafein akan membantu dalam meningkatkan fungsi otak. Kafein yang masuk ke dalam otak dapat memblokir neurotransmitter penghambat.

Dalam memblokir neurotransmitter penghambat terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter dapat meningkatkan fungsi otak.  

Mengurangi mata panda

Bagi kamu yang memiliki mata panda, kamu dapat menggunakan teh hijau untuk menghilangkan mata panda loh.

Teh hijau yang mengandung antioksidan dan juga tanin dapat memberikan khasiat menghilangkan mata panda. Selain menghilangkan mata panda, antioksidan dan tanin dapat meredakan pembengkakan di area mata.

Kedua zat tersebut sangat bermanfaat untuk menyusutkan pembuluh darah dan dapat mengurangi peradangan yang berada di area  kulit mata.

Dapat megobati jerawat membandel

Teh hijau memiliki kandungan katekin. Kandungan katekin ini dapat mengobati jerawat loh. Kandungan katein dalam teh hijau memiliki sifat anti bakteri. Maka dari itu katein dapat berfungsi untuk mengatur keseimbangan hormone dan anti inflamasi.

Mengurangi Penyakit Kardiovaskular

Khasiat teh hijau selanjutnya yaitu dapat mengurangi penyakit kadiovaskular. Teh hijau dapat mengurangi penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Penyakit kardiovaskular dapat dicegah dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah.

Meningkatnya kadar antioksidan dalam darah dapat digunakan untuk melindungi LDL dari oksidasi.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img