“Alice in Wonderland” Ternyata Nyata Loh! Yuk Kenali Apa Itu Syndrome Alice in Wonderland?

Bisikbisik.id – Sindrome Alice in Wonderland mungkin terasa aneh bagi kalian yang baru mendengar. Mungkin kalian juga bertanya-tanya “Alice in wonderland” bukanya itu dongeng legenda yah?” Iya pertanyaan itu benar bahwa Alice in Wonderland adalah sebuah dongeng legenda yang menceritakan tubuhnya dapat mengecil dan membesar.

Ternyata fenomena cerita dari Alice in Wonderland itu memang adanya. Terdapat syndrome yang bernama Syndrome Alice in Wonderland.

Syndrome Alice in Wonderland memang benar adanya. Sindrome ini memiliki nama lain Syndrome Todd atau biasa disebut dengan dismetropsia. Dismetropsia adalah keadaan di mana kondisi penderita syndrome mengalami adanya perubahan persepsi dan juga disorientasi.

Syndrome Alice in Wonderland ditemukan atau terdeteksi sekitar pada tahun 1950. Ditemukan oleh ajli psikiatri Dr.John Todd.

Penderita Syndrome Alice in Wonderland akan merasakan atau melihat bahwa bagian dari tubuh mengecil, menjadi kecil dan membesar atau bertambah semakin besar. Tidak hanya pada pengeliatan saja, penderita Syndrome Alice in Wonderland juga dapat merasakan bahwa waktu yang mereka miliki berjalan dengan cepat dan juga lambat dari waktu normal.

Seperti yang dilansir dari sehatq.com bahwa penderita Syndrome Alice in Wonderland tidak hanya pada pengelihatan dan juga waktu saja. Namun juga berpengaruh pada bebarapa indra seperti pendengaran.

Syndrom Alice in Wonderland disebabkan oleh beberapa macam faktor. Seperti yang telah dijelaskan di awal artikel bahwa sindrom ini terjadi karena adanya perubahan persepsi. Adanya persepsi yang terdistorsi tidak disebabkan oleh gangguan mata atau halusinasi. Tetapi Syndrome Alice in Wonderland terjadi karena terdapat gangguan pada otak.

Secara umum Syndrome Alice in Wonderland terjadi pada anak-anak dan juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Penyebab dari Syndrom Alice in Wonderland

Berdasarkan klikdokter.com penyebab dari adanya Syndrom Alice in Wonderland belum dapat diketahui secara pasti.

Kondisi mekanisme otak pada Syndrom Alice in Wonderland terdapat perubahan yang berhubungan dengan informasi sensorik. Informasi sensorik berpengaruh pada pengelihatan dan juga pendengaran. Terjadinya perubahan pada informasi sensorik tersebut yang mempengaruhi persepsi tubuh dengan dunia luar.

Syndrom Alice in Wonderland memiliki kaitan dengan aura yang terjadi pada nyeri kepala seperti halnya migran. Dalam hal ini Aura adalah gangguan pengelihatan visual yang terjadi pada Syndrom Alice in Wonderland sebelum terjadi nyeri pada kepala.

Perwujudan dari Aura yang dialami oleh penderita Syndrom Alice in Wonderland adalah terjadi kilatan cahaya, penderita melihat titik-titik, tangan merasakan semutan dan telinga mengalami dengung.

Jika penderita mengalami Syndrom Alice in Wonderland penderita sindrom ini akan menunjukan beberapa kondisi, antara lain terjadi epilepsy, stroke, depresi, infeksi (infeksi Epstein barr), adanya efek samping dari obat, trauma kepala, tumor otak.

Bersumber dari media Kompas.com bahwa penyebab yang paling sering muncul adalah terjadinya migran yang dialami oleh individu. Sedangkan penyebab yang sering muncul pada anak-anak bukan migran melainkan adanya penyakit infeksi.

Gejala Syndrom Alice in Wonderland

Seseorang yang memiliki Syndrom Alice in Wonderland akan memunculkan tanda-tanda. Syndrom Alice in Wonderland yang dialami oleh seseorang akan terjadi selama beberapa menit. Tetapi waktu yang terjadi tidak sama pada setiap penderita.

Dilansir dari kompas.com , terdapat beberapa gejala pada Syndrom Alice in Wonderland. Gejala tersebut antara lain :

  • Penderita Syndrom Alice in Wonderland akan mengalami sakit kepada pada satu bagian kepala.
  • Penderita akan merasakan bahwa benda-benda yang ada disekitarnya terlihat lebih besar atau kecil, lebih dekat atau jauh.
  • Seorang yang memiliki Syndrom Alice in Wonderland akan kehilangan kontrol pada anggota badan.
  • Selain itu juga agak sensitive dengan adanya suara. Syndrom Alice in Wonderland ini membuat menimbulkan suara-suara aneh dan terlalu berisik.

Cara penanganan Syndrom Alice in Wonderland

Dilansir dari Klikdokter.com Syndrom Alice in Wonderland belum terdapat penanganan yang pasti. Namun dokter yang menangani tidak membiarkan begitu saja. Dokter tetap memberikan resep obat-obatan untuk pasien Syndrom Alice in Wonderland.

Walaupun belum terdapat penanganan yang pasti, Syndrom Alice in Wonderland dapat dicegah. Dokter akan memberikan saran kepada penderita Syndrom Alice in Wonderland yang memiliki gejala migran. Dokter akan memberikan saran untuk sebisa mungkin menghindari penyebab dari migran.

Baca juga :

Presiden jokowi sapa peserta vaksinasi merdeka

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img