8 Hal Penting, Saat Membuat Webinar Zoom

Bisikbisik.id – Webinar akhir-akhir ini sering didengar istilah tersebut saat masa pandemi, webinar bisa juga diistilahkan sebagai tempat sarana publikasi seperti, perkenalan produk, kegiatan seminar, talkshow dan lain-lain, dahulu biasanya kita melakukan secara tatap muka, memasuki era pandemi semua dialihkan ke daring.

Sebagai platform pendukung webinar, youtube, dan zoom masih menjadi primadona sebagai sarana pendukung webinar.

Peserta yang turut hadir dalam webinar tidak hanya 1 – 50 orang saja, sejauh pengamatan selama ini yang ditemui peserta webinar bisa mencapai 1000 orang dalam satu acara.

Tingginya minat para peserta webinar, membuat penyelenggara harus memberikan hasil yang baik dari segi audio dan visual.

Visual yang baik membuat para peserta menikmati hasil gambar yang jernih, sedangkan hasil audio yang baik membuat peserta dapat mendengar dengan jelas suara dari pembicara.

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membuat webinar :

Baca juga :

Life hacks gagal convert zoom to mp4 Jangan Panik

1. Komputer dengan spesifikasi yang memumpuni, sebagai contoh minimal RAM 8 GB lebih baik diatas nya sangat dianjurkan di 16 GB, terkait dengan aplikasi yang akan berjalan pada perangkat membutuhkan kinerja source memory yang tinggi, kemudian gunakan VGA card yang mempunyai kualitas bagus gunakan tipe ddr terbaru dengan ukuran memory yang besar, selain itu perhatikan pendingan pada perangkat komputer, pastikan suhu pada komputer stabil, manfaatkan pendingan external. Yang terakhir sesuaikan motherboard dengan tipe RAM dan tipe VGA.

2. Koneksi Internet, ini adalah pendukung yang paling vital, upayakan bandwith yang dimiliki sesuai dengan perhitungan stream ke Youtube, Instagram, Facebook, dan jumlah partisipan, contoh jika ada 200 partisipan dalam satu webinar setidaknya harus mempunyai bandwith 50 – 100 mb. Pastikan trafik internet dibawah 50ms tanpa RTO. Berikutnya utamakan jalur kabel, biasanya koneksi via kabel LAN tingkat kestabilannya 100 % tergantung kualitas pembuatan kabel dan panjang kabel antara komputer dengan switch atau router.

3. Aplikasi Zoom Premium, dalam kasus ini kita membuat webinar dengan zoom, gunakanlah Zoom Premium, dengan menggunakan Zoom Premium jumlah kapasitas peserta lebih banyak, bisa mengaktifkan fitur co-host, multiple pin, dan waktu meeting yang tanpa batas.

4. Aplikasi Vmix, aplikasi ini akan sebagai master untuk mengatur alur jalannya sebuah webinar, audio dan visual dijadikan satu didalam aplikasi Vmix lalu didistribusikan mengarah ke Zoom, dan streaming (Youtube, Facebook, Instagram, dan lain-lain). Untuk mendapat hasil olahan yang bagus, Vmix diinstal di perangkat komputer sesuai dengan poin nomor satu, kinerja Vmix di belakang layar adalah alasan kenapa komputer yang digunakan harus mempunyai spesifikasi yang tinggi.

Baca juga :

LG QNED Mini LED TV Kini Resmi Di Pasarkan Di Indonesia

5. Laptop / Komputer tambahan, berfungsi sebagai co-host webinar, Laptop / Komputer tambahan ini harus juga mempunyai spesifikasi yang memumpuni, pasalnya tugas sebagai co-host sangat rentan, kecepatan kinerja fisik dan alat harus seimbang, co-host menanamkan pin pada narasumber atau pembicara tidak menentu tergantung workflow program acara tersebut, jika ada pin dadakan untuk penanya atau narasumber, dengan cepat harus mencari user tersebut untuk dilakukan pin.

6. Capture Card, gunakan capture card dengan merk dan kualitas yang bagus, capture card adalah jembatan antara sumber visual dengan Vmix, jika jembatannya tidak bagus, hasil yang diambil oleh Vmix juga tidak bagus, patah-patah, mati-hidup, atau kemungkinan terburuknya Vmix tidak dapat menangkap kiriman sumber visual, atau tidak dapat mengirim visual. Capture Card biasa digunakan untuk penghubung antara kamera dengan Vmix, Laptop / Komputer co-host dengan vmix, ataupun mengirim hasil visual Vmix kedalam Zoom.

7. Mixer Audio, dipoin audio ini jarang ada yang memperhatikan kualiatas dari input audio dan ouput, kebanyakan orang berfikir yang penting suara keluar itu poin yang salah besar, kualitas audio dalam sebuah webinar menjadi poin penting, audio yang bersih tidak ada noise, gema, ataupun putus-putus itu adalah nilai penting pada sebuah webinar, agar pesan yang tersampaikan terdengar dengan jelas. Saat poin 1 – 6 sudah mendukung dengan kelas yang tinggi, pastikan gunakan mixer audio dengan merk dan kualitas yang bagus, terkadang terkendala harga akhirnya memutuskan untuk mengambil langkah yang penting suara keluar, kualitas yang bagus mempunyai harga yang dominan cukup tinggi.

Baca juga :

Asus Oled Menawarkan Pengalaman Baru Untuk Para Seniman

8. Kabel HDMI, berperan sebagai jembatan distribusi visual, kabel HDMI harus memiliki kualitas yang baik, sering dijumpai kabel HDMI yang mempunyai ukuran panjang terkadang tidak dapat terhubung, Kembali lagi tergantung dengan merk dan kualitas, gunakanlah kabel HDMI dengan kualitas yang baik saat posisi kabel panjang.

Delapan poin inilah yang harus disiapkan saat membuat webinar sebuah program acara, suksesnya sebuah acara didukung dengan kualitas perangkat yang baik.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img