Hati-hati Jika Suhu Handphone Panas, Begini 7 Cara Mengatasinya

Bisikbisik.id – Ponsel pintar yang kita miliki saat ini pasti pernah terasa panas saat digunakan. Kondisi ponsel yang terasa panas saat digunakan dapat mengganggu pada saat pemakaian. Terkadang ponsel yang dalam keadaan panas, dapat mengakibatkan performa pada ponsel menjadi lambat.

Keadaan ponsel yang panas dapat membahayakan. Ponsel dapat rusak dan yang parah, ponsel dapat meledak.

Ponsel yang panas pada saat pemakaian disebabkan oleh beberapa faktor atau pemicu. Dikutip dari detik.com terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ponsel menjadi panas saat penggunaan.

Faktor pertama penggunaan prosesor. Menurut Lucky Sebastian yang dikutip dari detik.com menjelaskan bahwa prosesor kelas atas memiliki kinerja tinggi akan menghasilkan panas yang lebih dari pada prosesor mid-end.

Faktor kedua yang menyebabkan ponsel panas adalah aplikasi yang berjalan sebagai background.  Jika sebuah ponsel memiliki akses aplikasi belakang yang banyak, hal itu akan mempengaruhi walaupun kondisi ponsel pada saat ini sedang standby.

Faktor ketiga yang mempengaruhi yaitu signal. Signal atau operator dari ponsel pintar anda mempengaruhi kondisi ponsel. Jika jangkauan BTS semakin jauh makan ponsel juga akan semakin cepat panas. Hal itu terjadi karena energi yang dikeluarkan oleh ponsel semakin besar dan tidak memperhatikan suhu sekitar.

Faktor keempat yaitu penggunaan kabel dan charger. Kabel dan charger ternyata sangat berpengaruh pada kondisi suhu ponsel.

Agar kondisi suhu ponsel tetap terjaga normal dan tidak terlalu panas. Maka dari itu simak penjelasan mengenai cara mengatasi ponsel yang cepat panas.

Dilansiri dari www.cnnindonesia , ponsel yang cepat panas terdapat pada tiga bagian tertentu. Pertama yaitu pada CPU ponsel, baterai ponsel dan terakhir yaitu pada layar ponsel.

Pertama panas yang berasal dari bagian belakang ponsel, diindikasi panas karena baterai.  Kedua panas yang berasal dari layar, disebabkan karena CPU dan GPU bekerja dengan keras. Ketiga panas yang berasal dari bawah ponsel disebabkan karena sistem pengisian daya baterai.

Perlu anda ketahui bahwa ponsel memiliki batas aman suhu. Ponsel memiliki suhu normal rata-rata yaitu 37 sampai dengan 43 derajat. Maka dari itu jika ponsel dalam kondisi suhu di tas 43 derajat celcius, ponsel sudah masuk ke dalam keadaan overheat. Jika ponsel sudah melebihi batas normal atau overheat yang harus anda lakukan yaitu mengembalikan suhu ponsel menjadi normal.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img