7 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan!

Bisikbisik.id – Pisang merupakan buah yang mudah untuk kita temukan dan sering untuk kita konsumsi setiap hari. Selain mudah untuk kita temukan, buah pisang juga tidak terlalu mahal harganya.

Buah yang berasal dari daerah tropis, ternyata kaya akan nutrisi dan vitamin yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh kita. Seperti halnya baik untuk kesehatan pencernaan, baik untuk jantung dan bisa untuk menurunkan berat badan loh!

Masih banyak lagi manfaat dari buah pisang yang perlu kita ketahui. Yuk simak apa saja sih manfaat buah pisang untuk kesehatan?

Dapat menurunkan berat badan loh!

Manfaat pertama dari buah pisang yang perlu kamu ketahui yaitu dapat menurunkan berat badan. Manfaat buah pisang untuk menurunkan berat badan ini sebenarnya belum terdapat penelitiannya.

Dilansir dari kompas.com2 pisang merupakan salah satu buah yang sangat aman saat dikonsumsi jika kamu dalam keadaan sedang melakukan diet.

Kalori yang terkandung dalam pisang cenderung sedikit. Pisang memiliki kalori tidak lebih dari 100 kalori. 100 kalori itu cukup membuat perut kita kenyang. Tidak Cuma rendah kalori loh! Pisang ternyata memiliki nutrisi yang cukup tinggi dan juga serat.

Kandungan serat pada pisang memberikan efek samping. Seperti memberikan rasa kenyang yang cukup lama dan dapat menahan nafsu makan.

Mengatasi hipertensi

Manfaat selanjutnya dari pisang adalah dapat mengatasi hipertensi. Hal ini terjadi karena pisang mengandung kalium. Kalium dapat berguna untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini akan memberikan efek pada tekanan darah yang akan tetap stabil.

Pisang yang mengandung banyak serat dapat mengikat lemak. Lemak yang tertahan karena adanya serat menyebabkan pencegahan pembentukan plak.

Dilansiri dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (kemkes) bahwa plak yang menyempit dapat menyumbat pembuluh darah dan dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi.

Sumber energi

Pisang memiliki sumber karbohidrat. Pisang mengandung karbohidrat sebesr 27 gram. Jika mengkonsumsi pisang, karbohidrat yang terkandung di dalamnya dapat menjadi glukosa. Glukosa akan menjadi sumber bahan bakar. Selain itu buah pisang juga memiliki kandungan vitamin A.

Tidak hanya menjadi glukosa, namun pisang dapat berubah menjadi glikogen. Glikogen adalah salah satu macam glukosa yang terdapat di bagian otot hati. Glikogen memiliki fungsi sebagai cadangan energi.

Buah pisang juga mengandung magnesium dan kalsium. Kedua kandungan magnesium dan kalsium membuat pisang memiliki peran penting untuk menjadi sumber energi dan tetap dalam keadaan bugar.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img