Transformasi Internal PGN Bersama Microsoft untuk Bantu Jaga Pasokan Energi Dalam Negeri

Bisikbisik.id – Menjadi bagian dari Holding Migas Pertamina yang menjalankan peran sebagai Subholding Gas, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selama 56 tahun terakhir telah memiliki tugas utama untuk mengelola dan mendistribusikan gas bumi ke seluruh pelosok Indonesia, agar dapat menjaga pasokan energi kehidupan. Selama itu pula, 3.288 karyawan PGN dan seluruh afiliasinya yang tersebar di Indonesia terus berupaya meningkatkan efektivitas komunikasi internal mereka, agar kegiatan operasional dapat berjalan lancar.

Kini, dengan adanya teknologi berbasis cloud, PGN berhasil mentransformasi sistem komunikasi internal perusahaan dan meningkatkan efektivitas komunikasi internal hingga dua kali lipat. Seiring dengan peningkatkan tersebut, biaya operasional juga berhasil ditekan sampai dengan 12%.

“Komunikasi internal merupakan salah satu aspek pertama dan terutama yang terus ditingkatkan efektivitasnya oleh organisasi. Sebab, komunikasi internal menjadi salah satu kunci PGN untuk berkolaborasi, demi terus menjawab kebutuhan pelanggan. Terlebih bagi organisasi seperti PGN yang area jangkauannya tesebar di seluruh Indonesia, kualitas komunikasi internal penting ditingkatkan agar dapat menghindari miskomunikasi yang bisa berdampak besar terhadap layanan kepada pelanggan maupun masyarakat umum di Indonesia,” ujar Rachmat Hutama, Corporate Secretary PGN.

Untuk memaksimalkan komunikasi antar divisi dan area kerja, sejak 2017 PGN menggunakan platform komunikasi terintegrasi Microsoft Teams. Melalui teknologi ini, PGN melakukan panggilan telepon/video, mengirimkan pesan teks, berbagi dokumen, menyimpan file, dan melakukan kerja kolaborasi hanya dalam satu platform tersebut.

Irwan Santoso, Group Head Information and Communication Technology PGN mengatakan, “Salah satu fitur utama Microsoft Teams yang paling terasa manfaatnya adalah Teams Phone System, di mana panggilan telepon dengan nomor resmi kantor bisa dilakukan langsung melalui laptop, desktop, tablet, atau mobile phone, tanpa perlu ada perangkat atau kabel tambahan.

Baca juga :

Komitmen Tanggulangi COVID di Indonesia, OPPO Sumbangkan 25 Konsentrator Oksigen Melalui Ditjen IMALTE Kemenperin

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img