9 Manfaat Donor Darah yang Harus Kamu Ketahui, Salah Satunya Bisa Mencegah Penuaan Dini Loh!

Bisikbisik.id – Apakah kamu pernah mendonorkan darah? Mungkin beberapa dari kita pernah mendonorkan darah. Namun ada juga yang belum pernah sama sekali mendonorkan darah, karena beberapa alasan. Tahu ga sih? Manfaat donor darah tidak hanya diperoleh penerima donor.  Tapi jika kamu melakukan donor darah, kamu juga mendapatkan manfaatnya loh!

Perlu diketahui bahwa minat untuk melakukan donor darah di Indonesia belum dapat dikatakan “terpenuhi”. Hal ini terjadi karena rendahnya kesadaran masyarakat dan adanya ketakutan untuk mendonorkan darah. Ketakutan besar masyarakat biasanya karena takut jarum suntik atau bahkan takut dengan efek samping yang ditimbulkan karena donor darah.

Dilansiri dari, halodoc efek yang muncul setelah donor darah biasanya mata berkunang-kunang, mual, pusing dan juga melayang. Namun semua efek tersebut normal jika terjadi setelah melakukan donor darah.

Donor darah adalah suatu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dengan mendonorkan darah kamu dapat menolong nyawa orang lain. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat melakukan donor darah yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah manfaat melakukan donor darah bagi kesehatan :

Donor darah dapat menolong 3 nyawa

Manfaat yang pertama yaitu dengan melakukan donor darah kamu dapat menyelamatkan nyawa seseorang.

Dilansir dari detik.com bahwa dengan mendonorkan darah, kamu dapat menyelamatkan nyawa tiga orang sekaligus.

Darah yang telah kamu donorkan akan sangat bermanfaat sekali untuk pasien seperti korban kecelakaan, pasien dengan penyakit tertentu, dan pasien yang sedang melakukan operasi.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img