Sanggar Batik Katura

Bisikbisik.id – Sanggar Batik Katura yang terletak di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon Jawa Barat terus “memproduksi” para pengrajin Batik baik dari kawasan sekitar maupun dari luar Kabupaten Cirebon.

Sanggar Batik Katura ini terus dibanjiri oleh para siswa yang datang dari Jakarta, Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya yang sengaja datang untuk belajar membatik.

sanggar batik katura
Edaran program Sanggar Batik Katura

Sanggar Batik Katura ini merupakan satu dari ratusan pengrajin yang ada di Desa Trusmi yang tetap eksis hingga saat ini. Nama Sanggar Batik ini diambil dari nama Pendiri Sanggar itu sendiri yaitu Katura.

” Sanggar Batik Katura didirikan pada tahun 1974, dan baru diresmikan sekitar tahun 2000an”. ( Kata Pendiri Sanggar Batik, Katura AR).

Berbagai penghargaan dari dalam maupun luar negeri telah diraih oleh Sanggar Batik Katura diantaranya penghargaan Upakarti pada 2009 yang diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta.

Sanggar Batik Katura sendiri menghasilkan produk – produk baik yang berkualitas, sehingga tidak jarang hasil karyanya banyak diminati para pencinta Batik dari mancanegara, seperti Jepang dan beberapa negara lainnya. Sebagai bentuk apresiasi, Sanggar Batik Katura juga pernah diundang ke Belanda untuk Pameran Batik.

sanggar batik katura
Salah satu pengrajin batik yang berada di Sanggar Batik Katura

Harga yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari 300 ribu hingga belasan juta rupiah. Hal ini menunjukkan Sanggar Batik Katura sangat menjaga kualitas dan ketelitian dalam Setiap produk batik yang dikeluarkan. (Am).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img