Kemungkinan Terbesar Penyebab Komputer Lemot

Bisikbisik.id – Komputer lemot adalah hal yang menjengkalkan setiap penggunanya ketika dikejar kerjaan yang deadline. Hal tersebut membuat pertanyaan lantas kenapa bisa terjadi, dan apa yang harus dilakukan.

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama komputer itu bisa lemot :

1. Cek dahulu komputer menggunakan anti virus, apakah ada virus pada perangkat tersebut yang menyebabkan lemot, biasanya saat kita mencolok flashdisk atau hardisk external, virus akan terbawa dari perangkat yang dicolok. Usahakan menggunakan premium anti virus karena banyak fitur bermanfaat ketika menggunakan akun premium.

2. Cek kapasitas hardisk, ketika hardisk pada system sudah penuh, biasanya komputer akan lambat diakses, penumpukan data pada hardisk yang menyebabkan hal tersebut, ada baiknya dipilah dan dihapus, penumpukan biasanya terjadi didekstop dan difolder downloads.

3. Cek hardware, pada posisi ini RAM yang harus dicek terlebih dahulu. Performa RAM menurun dapat menyebabkan komputer lambat diakses, coba dibersihkan dahuklu untuk kuningan yang ada pada RAM.

4. Cek hardware, setelah RAM dicek, coba kenali kesehatan hardisk dengan menggunakan aplikasi HDD SENTINEL. Lihat presentase kesehatannya, terkadangan performa hardisk menurun ketika angka presentase menyentuh 60%, lebih baik diganti.

5. Dan terakhir suhu, suhu pada komputer bisa mempengaruhai komputer lemot, cek suhu di bios saat booting. Lihat berapa ukuran suhu nya, jika suhu berada posisi yang tidak wajar, lakukan pendinginan dengan menambah fan external, atau mengoleskan pasta pada prosesor.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img