Penyebab Facebook, WhatsApp, dan Instagram Down, Hingga 3 Cara Mengatasinya

Bisikbisik.id – Media sosial facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami down pada hari Senin (04/10/2021). Gangguan putus koneksi terjadi secara bersamaan pada malam hari pukul 22.30 WIB. Gangguan pada ketiga media sosial tidak hanya dialami di Indonesia saja, namun di seluruh negara.

Ketiga media sosial yang mengalami down pada malam tadi, menimbulkan keluhan dan juga tanda tanya besar bagi pengguna. Apa yang menyebabkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram mengalami down?

Pada situs Facebook, pengguna yang ingin mengakses Facebook disarankan untuk memeriksa domain. Apakah pengetikan domain terjadi kesalahan atau tidak. Tetapi jika pengetikan domain tidak terjadi kesalahan, pengguna disarankan untuk menjalankan Windows Network Diagnostics.

Penyebab Facebook, WhatsApp, dan Instagram Down

Facebook, Instagram dan WhatsApp mengalami down dikarenakan adanya masalah yang terjadi pada Domain Name System (DNS). Hal ini dikutip dari Bleeping Computer dalam liputan6.com pada (04/10).

DNS merupakan sebuah alamat web yang digunakan untuk membawa pengguna media menuju halaman yang mereka tuju.

Kesalahan putus koneksi yang terjadi pada laman Facebook memberikan petunjuk dengan tulisan “Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti.” Selain itu kesalahan juga di tunjukan dengan DNS-PROBE-FINISHED-NXDOMAIN.

Dengan adanya putus koneksi atau down yang terjadi pada tiga media sosial tersebut mau tidak mau pengguna Facebook, WhatsApp, dan Instagram harus menunggu server kembali pulih. Atau menggunakan media sosial lain yang tidak mengalami server down.

Baca juga :

Facebook wa ig sudah bisa diakses setelah 6 jam down

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img