8 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan, Ternyata Bisa Mencegah Penimbunan Lemak

Bisikbisik.id – Cabai merupakan salah satu komiditas pangan di Indonesia. Komoditas ini tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Komoditas dengan nama ilmiah Capsium annum memiliki rasa pedas. Tetapi rasa pedas pada cabai menjadikannya salah satu bahan pangan favorit.

Cabai tidak hanya diolah menjadi sambal saja. Tetapi juga dapat diolah menjadi bahan masakan lainnya. Seperti salah satunya telor sambal balado dan masih banyak lagi. Atau bahkan cabai dapat dikonsumsi secara langsung. Seperti halnya dikombinasi dengan makanan lain contohnya dengan gorengan.

Menikmati gorengan dengan satu buah cabai begitu nikmat bukan? Atau bahkan kamu salah satu penikmat makanan bercita rasa pedas?

Jika begitu, kamu sangat beruntung. Karena dibalik rasa pedanya, cabai memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita.

Sebenarnya apa saja sih manfaat cabai bagi kesehatan tubuh kita? Yuk simak penjelas yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Mengobati hidung yang tersumbat

Manfaat dari mengkonsumsi cabai yakni dapat mengatasi hidung yang tersumbat. Dengan mengkonsumsi secara langsung atau makanan yang mengandung cabai, hal itu dapat mengobati hidung yang tersumbat.

Tetapi dalam mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan. Jika kamu mengkonsumsi secara berlebihan akan berdampak pada kesehatan perut. Kamu akan mengalami diare jika mengkonsumsi secara berlebihan.

Baik untuk kesehatan paru-paru

Cabai memiliki manfaat untuk kesehatan paru-paru. Cabai memiliki kandungan zat mucokinetik. Zat mucokinetik berguna untuk mengatur, mengeluarkan, dan juga mengurangi lendir yang ada dalam paru-paru.

Selain mengandung zat mucokinetik, cabai juga mengandung vitamin A. vitamin A dalam cabai berguna untuk mengobati radang paru-paru.

Kemudian kandungan cabai seperti phytonutrient memiliki fungsi untuk dapat merelaksasi sistem pernapasan dalam tubuh.

Perlu kamu ketahui bahwa Semua senyawa tersebut yang terkandung dalam komoditas cabai, dapat memberikan perlindungan dari penyakit-penyakit seperti batuk, masuk angin, influenza, gangguan pernapasan, asma dan juga bronchitis.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img