Gangguan Panik yang Perlu Diketahui dari Penyebab hingga 14 Gejalanya

Bisikbisik.id – Gangguan panik merupakan salah satu kondisi gangguan kecemasan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga. Gangguan panik dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Dan terjadi secara berulang-ulang. Pengidap gangguan panik dapat merasakan cemas, panik, dan juga stress tanpa mengenal waktu, tempat, serta situasi sekitar.

Gangguan panik biasanya terjadi di akhir masa remaja atau beranjak ke usia dewasa. Dilansir dari halodoc, bahwa pengidap gangguan panik lebih sering dijumpai pada wanita dibandingkan laki-laki. Penyebab dari munculnya gangguan panik dikarenakan penderita mengalami stress.

Pengidap gangguan panik akan merasakan dirinya seperti sedang diteror. Perasaan teror tersebut sering kali muncul secara tiba-tiba. Padahal disekililingnya tidak ada hal yang membahayakan.

Tidak hanya itu saja, pengidap gangguan panik juga akan merasakan dirinya hilang kendali pada saat serangan panik datang.

Terdapat penyebab dan gejala yang memicu terjadinya gangguan panik yang terjadi pada diri seseorang. Kami merangkumnya dari tiga sumber terpercaya pada (10/10). Berikut ini merupakan penyebab serta gejala yang muncul jika gangguan panik menyerang.

Penyebab terjadinya gangguan panik

Bersumber dari Alodokter, penyebab gangguan panik dapat berasal dari turunan secara genetik. Belum ada penelitian secara pasti yang meyakinkan apa yang sebenarnya menjadi pemicu gangguan panik.

Terdapat satu penelitian, bahwa pemicu dari munculnya gangguan panik bersumber dari permasalahan pada bagian otak. Bagian otak yang dimaksud yakni yang memiliki tugas untuk mengatur perasaan takut serta kecemasan pada diri seseorang.

Pada hal ini otak mengalami gangguan, seperti salah mengartikan gerakan tubuh yang tidak berbahaya, tetapi dianggap sebagai ancaman oleh otak.

Tidak hanya terjadi karena adanya kekeliruan pada otak. Terdapat penyebab lain terutama faktor dari lingkungan yang menjadi pemicu gangguan panik.

Ada 5 faktor pemicu gangguan panik pada diri seseorang, antara lain :

  • Adanya kejadian traumatis masa lalu, seperti halnya kecelakaan dan broken home
  • Berlebihan dalam mengkonsumsi kafein serta nikotin
  • Mengalami stress
  • Riwayat keluarga yang mengalami gangguan panik
  • Terjadi kekerasan dalam hidup, baik secara seksual maupun secara fisik
  • Tidak dapat mengontrol emosi

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img