Wapres Ajak Generasi Muda Tingkatkan Penguasaan IPTEK

Bisikbisik.id- Menghadapi tantangan era industri 4.0, SDM Indonesia harus menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan inovatif. Ide berinovasi sering kali datang dari tantangan atau kesulitan yang dihadapi dan dilahirkan oleh para milenial yang kreatif dan melek teknologi. Oleh karena itu, para mahasiswa yang merupakan bagian dari generasi milenial diharapkan untuk terus melatih kreativitas dan inovatif melalui penguasaan IPTEK.

“Masa depan dan kemajuan kita tidak boleh lagi bertumpu pada SDA (sumber daya alam) tapi pada SDM (sumber daya manusia) yang menguasai IPTEK dan RIN (riset dan inovasi),” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat memberikan orasi ilmiah memperingati hari lahir universitas Alma Ata secara virtual, pada Senin (18/10/2021).

Wapres mencontohkan, dua perusahaan berbasis teknologi yang valuasinya mencapai 2 triliun AS pada 2020 dan 2019 lalu, yaitu Apple dan Aramco. Nilai Aramco menurun drastis karena harga minyak dunia mengalami penurunan.

Sementara itu, Apple justru bertumbuh pesat sekalipun dunia mengalami krisis parah sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Ini menunjukan, inovasi dan riset yang menjadi pusat pengembangan bisnis mampu bertahan lebih baik dibanding pemanfaatan SDA sebagai modal utama sebuah perusahaan. “Oleh karena itu, penguasaan IPTEK dan RIN merupakan suatu keniscayaan,” tegas Wapres.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img