7 Cara Detoks Media Sosial, Jika Kamu Kecanduan Media Sosial

Bisikbisik.id – Sejak kemunculannya internet dan media sosial, kini keduanya menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Kecanggihan teknologi saat ini membantu kita terhubung dengan dunia luar dan tentunya terhubung dengan banyak orang.

Dengan hadirnya internet terutama media sosial, orang-orang yang sudah terbiasa menggunakannya tidak bisa lepas dengan hal itu. Media sosial terus melekat dan digunakan pada setiap waktu.

Sejatinya media sosial memiliki segudang manfaat untuk setiap orang. Namun jika melihat kebiasaan individu yang terus menerus menggunakan media sosial setiap waktu dan tidak bisa lepas. Hal tersebut justru akan mendatangkan kerugian bagi pemakainya.

Jika dirasa penggunaan media sosial sudah di atas ambang kewajaran, hingga mengganggu aktivitas harian kamu. Kamu perlu melakukan detoks media sosial.

Dilansir dari Kompas.com terdapat sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa hadinya teknologi informasi dan teknologi dapat membawa dampak buruk bagi penggunanya. Dampak buruk dapat diperoleh jika pengguna, menggunakan media sosial secara berlebihan.

Media sosial dapat membawa dampak buruk seperti mengalami insomnia atau  gangguan tidur hingga depresi.

Jika kamu dirasa sudah mendapatkan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan. Kamu disarankan untuk melakukan detoks media sosial (digital detoks).

Menurut Kompas.com digital detok merupakan tindakan dari seseorang untuk menghindari atau menarik diri, dari penggunaan alat teknologi seperti ponsel, internet, media sosial, dll.

Sedangkan detoks media sosial (glints) yakni sebuah tindakan untuk menghindari penggunaan media sosial dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh individu tersebut.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img