Menerima Dirut Pefindo Biro Kredit, Wapres Ingin Literasi Keuangan Masyarakat Meningkat.

Bisikbisik.id – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima Direktur Utama beserta jajaran Direksi PT Pefindo Biro Kredit secara virtual di Kediaman Wapres sore ini, Kamis (28/10/2021).

Mengawali pertemuan, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit Yohanes Arts Abimanyu mengatakan bahwa dari total populasi usia produktif di Indonesia, sekitar 62 juta jiwa belum memiliki riwayat kredit. Hal ini menunjukkan, keterlibatan masyarakat dalam akses pembiayaan keuangan masih rendah.

Oleh karena itu, Pefindo berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat agar lebih banyak masyarakat yang terlibat dalam fasilitas-fasilitas pembiayaan Pemerintah.

“Misi kami adalah memperkuat sistem keuangan nasional dan mewujudkan terciptanya sistem keuangan inklusif melalui pemberian informasi kepada masyarakat,” urai Yohanes.

Selanjutnya, Direktur PT Pefindo Wahyu Trenggono menyampaikan rencana Pefindo meluncurkan produk baru untuk mempermudah akses data informasi perkreditan di seluruh nusantara.

“Produk ini kami luncurkan untuk bisa mengakses data dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, kami mohon Bapak Wapres berkenan memberikan kata sambutan pada peluncuran produk kami nanti,” ungkap Wahyu.

Wapres menyambut baik pemaparan dan permohonan dari PT Pefindo. Menurutnya, penting untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, agar inklusi keuangan dapat terwujud.

“Penting sekali tadi tentang upaya peningkatan literasi keuangan masyarakat, terutama UMKM, yang masih belum mengerti tentang akses keuangan,” ungkap Wapres.

Terkait hal ini, Wapres mencontohkan rendahnya pencatatan keuangan UMKM yang saat ini masih banyak dikelola secara tradisional. Padahal, lanjut Wapres, dengan pencatatan keuangan dan literasi keuangan yang baik, akses pembiayaan kepada UMKM akan lebih terbuka.

“Akses keuangan masyarakat supaya ditumbuhkan, sehingga mereka dapat menggunakan fasilitas-fasilitas ekonomi,” imbuhnya.

Wapres juga berharap, Pefindo sebagai salah satu lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP) dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai literasi keuangan syariah, mengingat saat ini telah tersedia lembaga-lembaga keuangan syariah, seperti BMT dan Koperasi Syariah.

Mengakhiri pertemuan, Wapres berkenan akan memberikan sambutan pada peluncuran produk
PT Pefindo Biro Kredit yang akan di gelar pada 10 November mendatang.

Selain didampingi oleh Direktur Wahyu Trenggono, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit Yohanes Arts Abimanyu, dalam pertemuan ini juga didampingi oleh Direktur Moh. Muhlis, serta Corporate Secretary Juni Hendry.

Sementara itu, Wapres dalam pertemuan tersebut didampingi oleh Plt. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Erani Yustika serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Bambang Widianto.(Am).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img