Hadiri AICIF 2021, Wapres Dukung Kolaborasi Internasional Wujudkan Pemulihan Ekonomi Global.

Bisikbisik.id- Pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 saat ini menjadi fokus seluruh negara, namun kesenjangan akses vaksin, inflasi harga energi, serta disrupsi rantai pasok menjadi tantangan utama dalam upaya tersebut. Untuk itu, diperlukan kerja sama antar negara agar ekonomi global segera bangkit kembali.

“Pemulihan ekonomi global tidak mungkin dilakukan hanya oleh sebuah negara, melainkan harus dilakukan sinergi dan kolaborasi antar negara,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin pada acara The 9TH ASEAN Universities International Conference on Islamic Finance (AICIF) 2021, melalui konferensi video dari Kediaman Wapres, Jalan Dipenogoro No.2, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Menurut Wapres, melalui ekonomi dan keuangan syariah yang berlandaskan prinsip saling membantu (ta‘awun) dan saling menolong (tanasur), akan mampu berperan mewujudkan kolaborasi untuk pemulihan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk terus memajukan ekonomi dan keuangan syariah.

“Pemerintah Indonesia secara serius mendorong kemajuan ekonomi dan keuangan syariah, sebagai salah satu pendukung untuk mencapai tujuan tersebut sekaligus dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ucapnya.

Wapres pun menilai saat ini perkembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia dalam kondisi baik. Otoritas Jasa Keuangan mencatat total aset keuangan syariah tumbuh sebesar 17,32% year-on-year dengan nilai mencapai Rp1.901,1 triliun per September 2021. Hal ini tidak lepas dari berbagai upaya pemerintah, salah satunya penguatan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img