Gigi Kuning Ternyata Bukan Hanya Karena Makanan

Banyak orang yang mengatakan enggan tersenyum secara lebar dikarenakan giginya yang tidak putih. Bagi sebagian orang pasti bertanya-tanya, mengapa gigi bisa berubah warna? Ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan gigi dapat berubah menjadi kuning.

Pengaruh Makanan

Gigi sering berubah warna ternyata berpengaruh dengan makanan. Makanan khas yang menghitamkan gigi adalah kopi, anggur merah, coklat, dan teh hijau. Pasalnya, pigmen yang terkandung di dalamnya berwarna gelap. Rokok juga dapat membuat gigi kuning. Nikotin dalam rokok menggali lubang mikroskopis dan menempel di permukaan, mengubah warna gigi. Saat ini, komponen tanin yang terkandung dalam kopi dan komponen nikotin yang terkandung dalam tembakau sama-sama menyebabkan perubahan warna pada gigi, jadi sebaiknya hindari kombinasi keduanya.

Bahkan mengonsumsi antibiotik tetrasiklin dapat menyebabkan gigi berwarna cokelat atau garis-garis hitam. Ini adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati jerawat, penyakit mata, dan penyakit telinga, dan gigi yang berubah warna karena ini disebut gigi antibiotik. Karena gigi antibiotik memiliki warna yang berbeda untuk setiap lapisan di dekat gusi, sulit untuk mengembalikan warna gigi sepenuhnya hanya dengan pemutihan gigi.

Baca Juga :

Mencegah Penuaan dengan 5 Makanan Antioksidan

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img