Pengaruh Makanan Yang Meningkatkan Risiko Kanker Ginjal

Bisikbisik.id – Kanker merupakan salah satu penyakit paling  beresiko dan berbahaya di dunia. Kematian pada  manusia umumnya banyak yang disebabkan oleh penyakit kanker. Salah satu kanker yang  kurang diketahui orang dibandingkan dengan risikonya yaitu kanker ginjal. Kanker ginjal adalah kanker yang berkembang di ginjal.

Pelajari tentang gejala, faktor risiko, dan pencegahan kanker ginjal. Kanker ginjal (karsinoma sel ginjal), seperti kanker lainnya, tidak memiliki gejala pada tahap awal. Hal ini sering ditemukan setelah metastasis ke organ lain karena tidak ada gejala sampai tingkat perkembangan tertentu. 

Di masa lalu, nyeri pinggang, hematuria, dan benjolan yang teraba di perut bagian atas atau perut kiri dan kanan adalah tiga gejala utama, tetapi gejala ini baru-baru ini berkurang. Dalam semua kasus , hanya 10 sampai 15 % yang hadir. Ini adalah saat kanker sudah cukup lanjut. Selain itu, terjadi kelelahan, penurunan berat badan, demam, dan anemia. Pada diagnosis pertama, 10 hingga 30 % kasus terdeteksi ketika kanker telah menyebar ke organ lain. Merokok berlebihan adalah faktor risiko terkuat untuk kanker ginjal. Perokok 2,5 kali lebih berisiko. Merokok menyumbang 30 % pasien kanker ginjal pria dan 20 % pasien wanita terkait. 

Hipertensi juga merupakan faktor risiko. Tekanan darah tinggi diketahui terlibat dalam perkembangan kanker dengan mempengaruhi kerusakan ginjal dan peradangan. Orang yang menjalani hemodialisis jangka panjang untuk penyakit ginjal juga harus diskrining untuk kanker. Orang dengan riwayat keluarga juga membutuhkan pemeriksaan rutin.

Baca Juga :

Pro Kontra Memakan Gurita, Apakah Sehat?

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img