TNI Angkatan Laut Jamin stabilitas dan keamanan di kawasan

Bisikbisik.id – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono Kembali menegaskan bahwa TNI Angkatan Laut menjamin stabilitas di kawasan dan keamanan laut yurisdiksi nasional. Hal ini disampaikan Kasal saat meresmikan Studio Nusantara Sagoro 1 dan Studio Nusantara Sagoro 2 di Markas Besar TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur.

Laut Natuna memiliki simpanan sumber daya kemaritiman yang sangat tinggi, serta dengan posisi yang secara geografis sangat setrategis, menjadikan perairan tersebut sebagai International Sea Lane yang menghubungkan samudera Hindia dengan Samudera Pasifik. Sehingga banyak negara negara di Samudera Hindia dan Samudera Psifik memiliki kepentingan di perairan tersebut.

Menanggapi pemberitaan yang berkembang saat ini yaitu adanya peningkatan tindakan melanggar hukum dan pelanggaran wilayah yang dilakukan negara asing di perairan Natuna Utara, Kasal menegaskan bahwa hal itu tidak benar. Situasi keamanan laut seluruh Indonesia akan di update setiap hari dan dilaporkan secara berjenjang, sebagai bentuk jaminan rasa aman bagi pengguna laut yurisdiksi nasional.

Secara rutin TNI Angkatan Laut menugaskan 4 (empat) sampai dengan 6 (enam) KRI yang melaksanakan patroli di perairan Natuna Utara. Sehingga jika menemukan pelaku tindak pelanggaran hukum dan kedaulatan di laut, Kasal menegaskan untuk ditindak sesuai dengan hukum dan Undang-Undang nasional maupun internasional yang berlaku, tegasnya.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img