Kasus COVID-19 Kembali Tinggi, Menkes Tegaskan Untuk Vaksin Booster

Bisikbisik.id – Pada rapat terbatas evaluasi PPKM yang disiarkan pada akun Youtube Sekretariat Presiden, Hari ini Senin 18 Juli 2022. Menkes Budi Gunadi Sadikin melaporkan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Budi mengatakan kasus COVID-19 di Indonesia mirip dengan India.

“Indonesia itu mirip dengan India di mana kenaikannya tidak cepat tetapi perlahan naik terus dan kita belum melihat puncaknya tercapai dengan cepat seperti yang terjadi di negara-negara lain,” kata Budi.

Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diprediksi akan mencapai puncaknya pada pertengahan hingga akhir Juli. Kasus COVID-19 di Indonesia diduga meningkat seiring subvarian ini makin menyebar di masyarakat. Menteri Kesehatan Indonesia Budi Gunadi Sadikin menyebut subvarian Omicron BA.4-BA.5 memiliki kemampuan untuk lolos dari vaksin COVID-19 dan menginfeksi mereka yang telah menerima vaksin.

“Subvarian BA.4-BA.5 ini memang memiliki kemampuan untuk jadi bisa menembus vaksinasi dua sampai tiga kali lipat lebih efektif menembus vaksinasi dibanding varian Omicron BA.1 sehingga kemungkinannya masyarakat terkena lebih tinggi walaupun yang bersangkutan sudah divaksinasi,” tuturnya dalam konferensi pers evaluasi PPKM.

Ia menambahkan, selain menurunkan peluang fatalitas infeksi, mereka yang telah menerima booster sangat rendah persentase wafatnya.

“Perlu kami sampaikan secara persentase yang meninggal paling tinggi adalah orang yang belum divaksin atau baru divaksin baru satu kali, sedangkan yang sudah divaksin dua kali jauh menurun persentase fatalitasnya atau yang wafat kalau terkena, dan yang di booster sangat menurun persentase wafatnya atau kalau kena,” bebernya.

Dengan adanya anjuran ini, Budi berencana akan mewajibkan booster untuk beberapa kegiatan di masyarakat. Hal ini ia nyatakan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta percepatan vaksinasi booster.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img