Raih Penghargaan di Anugerah KPAI Tahun 2022, Menteri PPPA : Prioritaskan Pentingnya Ruang Nyaman, Aman, dan Ramah bagi Anak.

Bisikbisik.id – Jakarta (22/7) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menjadi salah satu kementerian yang meraih penghargaan dalam acara Anugerah KPAI Tahun 2022, pada kategori “Kementerian/Lembaga yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan Perlindungan Anak (SIMEP PPA)”.

“Saya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) atas penghargaan yang diberikan. Bentuk penghargaan yang diraih oleh KemenPPPA ini diharapkan dapat memotivasi jajaran di KemenPPPA untuk meningkatkan kerja-kerja nyata dalam upaya melindungi anak-anak Indonesia,” kata Menteri PPPA, Bintang Puspayoga pada acara Anugerah KPAI Tahun 2022 yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (21/7).

Menteri PPPA juga mengapresiasi terselenggaranya Anugerah KPAI yang merupakan wujud komitmen dan upaya memperkuat sinergi semua pihak untuk menjamin perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di seluruh Indonesia.

“Penting untuk berinvestasi terhadap kualitas anak-anak Indonesia dengan memenuhi hak-hak anak, dan memberikan perlindungan bagi anak. Hal ini juga mengingat populasi anak – anak Indonesia yang menempati 1/3 dari 270 juta penduduk Indonesia,” ujar Menteri PPPA.

Menurut Menteri PPPA, memberikan perlindungan bagi anak-anak Indonesia merupakan komitmen bersama bagi pemerintah dan seluruh stakeholder, untuk menciptakan sistem yang ramah terhadap anak untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Perlindungan anak merupakan isu yang kompleks dan lintas sektoral. Masing-masing pihak tidak dapat bekerja sendiri-sendiri. Untuk menghadapi isu ini, sangat dibutuhkan langkah – langkah yang inovatif dan teruji di lapangan, serta sinergi dan kolaborasi kita bersama. Marilah kita jadikan momentum ini sebagai pengingat bahwa sesulit apapun tantangan yang kita hadapi, kita tidak sendirian,” ujar Menteri PPPA.

Menteri PPPA kemudian mengucapkan apresiasi kepada para penerima penghargaan Anugerah KPAI Tahun 2022 atas sumbangsihnya terhadap bangsa di bidang perlindungan anak.

“Semoga penghargaan ini membuat kita semua semakin memprioritaskan pentingnya menyediakan ruang yang nyaman, aman, dan ramah bagi anak-anak kita untuk tumbuh dan berkembang,” kata Menteri PPPA.

Sementara itu, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa Kemenko PMK menyambut baik atas terselenggaranya acara Anugerah KPAI Tahun 2022. Menurut Muhadjir, penghargaan ini penting sebagai wujud bahwa pemerintah, melalui KPAI, menghargai jerih payah dan sumbangsih dari berbagai pihak dalam rangka mempromosikan, menyosialisasikan, dan melaksanakan upaya perlindungan bagi anak Indonesia.

“Penanganan atau kepedulian kita untuk perlindungan anak-anak Indonesia adalah hal yang sangat fundamental karena menyangkut masa depan bangsa,” ujar Muhadjir. Ia juga menekankan perlunya mendorong partisipasi masyarakat agar perlindungan bagi anak Indonesia ini dapat benar – benar berjalan dengan baik.

​Adapun penyelenggaraan Anugerah KPAI Tahun 2022 ini diikuti oleh berbagai pihak yang meliputi 10 kategori penerima Anugerah KPAI Tahun 2022, diantaranya yaitu (1) Kementerian/Lembaga yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaporan Perlindungan Anak (SIMEP PA), (2) Pemerintah Daerah Provinsi yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan Pelaporan berbasis SIMEP PA, (3) Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan Pelaporan berbasis SIMEP PA, (4) Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) terbaik dalam pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak, (5) Lembaga layanan masyarakat peduli anak, (6) Organisasi profesi peduli anak, (7) Institusi penegak hukum peduli anak, (8) Tenaga profesi peduli anak, (9) Tokoh anak inspiratif yang peduli terhadap perlindungan anak, dan (10) Forum Anak Daerah (FAD) yang memiliki dedikasi tinggi dan kepedulian pada perlindungan anak.

​“Untuk penilaian K/L, Provinsi, dan Kabupaten/Kota berdasarkan pada aspek komitmen, aspek hasil pengisian nilai SIMEP PPA, aspek inovasi kebijakan program dan dampak. Penilaian dari kriteria pertama, dilihat dari komitmen K/L, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pemajuan perlindungan anak. Kriteria kedua dinilai berdasarkan scoring nilai dari hasil pengisian SIMEP PPA. Kriteria ketiga dilihat dari hasil inovasi kebijakan dan juga dampak dari penyelenggaraan perlindungan anak,” jelas Ketua KPAI, Susanto.

​Lebih lanjut, hasil yang diharapkan dari kegiatan Anugerah KPAI Tahun 2022 ini, yaitu semakin meningkatnya komitmen Kementerian/Lembaga, serta Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait penyelenggaraan perlindungan anak. Kemudian juga untuk meningkatkan inovasi kebijakan maupun program terkait penyelenggaraan perlindungan anak, sehingga akan berdampak pada implementasi kebijakan atau program yang lebih luas dalam upaya penyelenggaraan perlindungan anak.(Am).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img