Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Oleh LP2M UNPAS, Di Nilai Mampu Membantu Para Kades Se-Kabupaten Cirebon Dalam Mengelola Anggaran.

Bisikbisik.id – Adanya kegiatan peningkatan kapasitas kepala desa oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) dengan menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dari Universitas Pasundan (Unpas), di gadang-gadang bakal mampu membantu 412 Kepala Desa (Kades) yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat karena dalam kegiatan tersebut akan banyak materi yang membuat para Kades bisa berhati-hati dalam menggunakan anggaran yang masuk baik bersumber dari APBD maupun APBN. kegiatan yang seyogyanya akan di laksanakan pada tanggal 7-9 Agustus 2022 (3 Hari) nanti di Yogyakarta, tidak hanya melibatkan para Kepala Desa akan tetapi melibatkan para bendahara desa, para Sekretaris Desa (Sekdes), dan para Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ada di 412 Desa. dan untuk anggaran yang di gunakan pun di dapat atau bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cirebon bernama Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp.10.000.000,- (Sepuluhjuta Rupiah) per-Desa, yang di transfer langsung ke rekening Desa. itupun belum semua Desa yang dapat transfer, sistemnya di bagi pergelombang dan di sesuai kan dengan kemampuan tiap Desa dalam melakukan proses pengajuan permohonan permintaan anggaran kegiatan tersebut.
Hal itu di ungkapkan oleh beberapa Kepala Desa (Kades) yang kalau di Kabupaten Cirebon di sebut Kuwu, yang sengaja di temui oleh wartawan media ini setelah melihat salahsatu media on-line yang memuat judul “Lembaga Masyarakat Mempertanyakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Oleh LP2M UNPAS Dengan Anggaran Fantastik” yang di muat pada Jum’at 05 Agustus 2022.
Dan dari hasil wawancara (konfirmasi) dengan beberapa Kades/Kuwu yang belum mau di sebutkan namanya di sini. mereka berpendapat, bahwa apa yang di lakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Cirebon Lewat BPMD dengan menggandeng LP2M Unpas akan sangat membantu pihak Pemerintahan Desa. karena dalam kegiatan tersebut nanti, bukan hanya Kades/Kuwu yang di libatkan tetapi juga bendahara keuangan, sekretaris Desa, dan BPD. hanya saja waktunya yang berbeda, kalau untuk para kuwu di tanggal 7 sampai 9 Agustus sementara untuk yang lainnya (BPD, Bendahara Desa, dan Sekdes, Red) dilaksanakan selama 2 Hari di bulan September 2022 nanti. ya intinya itu sebenarnya anggaran rutin tiap tahun yang di pos kan atau dicover ADD yang bersumber dari anggaran APBD Kabupaten, kalau tahun kemarin sih cuma Rp.3.000.000,- (Tigajuta Rupiah). untuk sekarang (tahun 2022, Red) ditambah Rp.7.000.000,- (Tujuhjuta Rupiah) hingga totalnya sekarang menjadi Rp.10.000.000,- (Sepuluhjuta Rupiah). dan untuk tahun ini sih pemberangkatannya serentak, kuwu se Kabupaten. apa sebab ditambahinya ?, ini agar karena kuwu-kuwu bisa paham dalam mengatur dan mengelola keuangan negara. jangan sampai kuwu-kuwu bermasalah hingga sampai ke ranah hukum intinya, dan yang perlu dicatat satu lagi kuwu dan BPD serta Bendahara Desa (perangkat) itu sebagai peserta juga penerima manfaat. lagi pula, anggaran sebesar 10 per-Desa tersebut itu tuh untuk biaya menginap, makan minum, dan study banding kami yang berjumlah 4 orang dari tiap Desanya. yakni kami para kuwu, bendahara Desa, Sekretaris desa, dan BPD. terus janganlah melihat 10 juta dikalikan 412 Desanya, dan akhirnya menjadi angka yang fantastik. tapi lihatlah beban moral kami, jangan berpikir kegiatan tersebut adalah kegiatan piknik. pihak Pemda Cirebon telah beritikad baik untuk membentuk karakter pihak Pemdes yang jauh dari kata koruptif, hingga jadi penyelamatan kami agar kami tidak terjerat hukum akibat melakukan tindakan korupsi. jadi kami-kami para kuwu sangat berterimakasih dengan adanya kegiatan tersebut, karena kami sih hanya menyiapkan tenaga dan pikiran saja” pungkas salahsatu Kades/kuwu yang di amini oleh beberapa Kades/Kuwu lainnya. (AM-Kusyadi)

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img