Penelitian Menemukan Bahwa Efek Tidur Berpengaruh Pada Kesehatan Jantung

Bisikbisik.id – Siapa yang masih susah tidur saat malam hari, padahal kondisi badan sudah lelah dengan aktifitas seharian. Tahukah anda bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sebuah penelitian untuk menentukan efek tidur pada kesehatan jantung , dilakukan oleh Institut Kesehatan dan Penelitian Medis Nasional Prancis mengukur skor tidur pada 7.200 orang dewasa berusia 50 hingga 75 tahun tanpa penyakit jantung .

Tim peneliti memberi peserta skor tidur dari 0 hingga 5 berdasarkan kebiasaan tidur merek ,  seperti berapa lama mereka tidur dan apakah mereka menderita sleep apnea . Semakin tinggi  angkanya , semakin tergolong orang tidur tersebut memiliki tidur secara normal .

Tidur normal didefinisikan sebagai rata-rata 7 sampai 8 jam tidur per hari, tanpa tidur siang yang berlebihan atau insomnia . Tim peneliti mengamati peserta setiap dua tahun selama 10 tahun , dan untuk mengatasi penyebab penyakit jantung lainnya , gaya hidup peserta , riwayat pribadi  dan keluarga , dan status kesehatan.

Analisis menemukan bahwa untuk setiap penurunan satu poin dalam skor tidur , risiko penyakit  jantung dan stroke berkurang sebesar 22 %. Mereka yang mendapat skor 5 memiliki risiko penyakit jantung atau stroke 75 % lebih rendah daripada mereka yang mendapat skor 0 atau 1 .

Ada banyak penelitian yang diterbitkan sebelumnya bahwa kurang tidur meningkatkan risiko  penyakit jantung . Sebuah tim peneliti dari University of Colorado di AS melaporkan pada tahun  2019 bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam memiliki risiko serangan jantung 20 % ​​lebih lebih tinggi dari mereka yang tidur 6-9 jam dan memilik risiko stroke sebesar 22 %. 

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img