Jangan Panaskan Minyak Zaitun Saat Memasak

Bisikbisik.id – Minyak zaitun, yang dikenal baik untuk tubuh, bisa beracun jika dipanaskan, jadi berhati-hatilah.

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh, yang dapat membantu mengeluarkan kolesterol, mencegah penuaan, dan meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak.

Tanaman sterol, squalene, tokoferol, dan polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun murni  memiliki antioksidan, detoksifikasi, peningkatan fungsi kekebalan tubuh, dan tindakan antibakteri. 

Namun, ketika dipanaskan di atas 170 derajat, yang merupakan titik asap (suhu di mana minyak  diasap saat memanaskan minyak), nutrisi dalam minyak zaitun akan terbakar.

Hal ini karena merupakan bahan yang peka terhadap panas. Selain itu, ketika titik asap terlampaui, karsinogen benzopyrene diproduksi dan lemak trans juga terbentuk. 

Titik asap minyak zaitun lebih rendah dibandingkan dengan minyak nabati lainnya. Oleh karena itu, makanan yang akan digoreng dengan minyak zaitun adalah makanan yang dapat digoreng dalam jumlah minyak yang sedikit.

Minyak zaitun murni baik untuk hiasan sayuran atau membuat saus salad. Jika anda menaburkannyadi salad, anda dapat meningkatkan tingkat penyerapan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, K) yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. 

Ini juga membantu penyerapan antioksidan seperti beta-karoten, yang ditemukan dalam sayuran hijau dan kuning, dan likopen, yang ditemukan dalam tomat. 

Jika anda perlu memasak dengan panas, seperti menggoreng atau menggoreng, gunakan minyak zaitun murni, atau gunakan minyak canola atau minyak goreng umum dengan titik asap tinggi.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img