Para Pesilat Pagar Nusa PAC Astana Japura Tampil Pada Kegiatan Dzikir Akbar Dan Renungan Kebangsaan, Sekaligus Memperingati 77 Tahun Kemerdekaan RI.

Bisikbisik.id – Lagi dan lagi, kegiatan para pesilat yang tergabung dalam perguruan silat (seni beladiri pencak silat, Red) Pagar Nusa Pimpinan Anak Cabang (PAC) Astana Japura (Asjap) yang bermarkas di Desa Mertapada Wetan Kecamatan Astana Japura Kabupaten Cirebon Propinsi Jawa Barat ini seakan tidak pernah menemui rasa lelah.

Kali ini, kegiatan peringatan 77 Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang dikemas dengan nuansa religi dihadiri dan di ikutinya. adalah Dzikir Akbar dan Renungan Kebangsaan lah tema yang diusung, yang didalamnya juga terdapat kegiatan manaqib qubro Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani sekaligus juga memperingati 2 tahun Milad (ulang tahun) Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Keraton Kesultanan Cirebon Koorwil (koordinator wilayah) Cirebon Timur.

Sebagai perguruan silat yang mengikrarkan diri sebagai pelindung ulama, kyai, dan pesantren ini. Pagar Nusa PAC Asjap selalu menanamkan nilai-nilai luhur para pendirinya, apalagi di acara dzikir akbar dan renungan kebangsaan dalam peringatan 77 tahun kemerdekaan RI tadi. 2 ulama panutan wilayah Cirebon Timur yakni Dr. KH. M Abbas Billy Yachsy Al- Husaeni MA dan Habib Ali Azmatkhan adalah penggerak di kegiatan tersebut, hingga membuat para pesilat dari Pagar Nusa PAC Asjap tergugah andil dan turut serta. berbagai atraksi kemampuan dalam mengolah seni beladiri pencak silat pun di pertontonkan oleh puluhan pesilat yang di gawangi Fahim Sholahuddin, hingga berhasil membuat ribuan pasang mata yang hadir di area lapangan sepak bola Desa Mertapada Wetan pada Sabtu 03 September 2022 lalu terpukau dibuatnya.

Acara yang di ikuti pula oleh Group Musik Religi DEBU besutan Syekh Mustafa Daood juga dihadiri oleh para kepala desa (kades)/kuwu sekecamatan astanajapura, dan Camat Kecamatan Asjap, serta para tamu undangan tersebut berakhir dengan cukup khidmat hingga larut malam. ditemui usai mengikuti kegiatan tersebut, Ketua sekaligus guru pembimbing dari para pesilat Pagar Nusa PAC Asjap yang bernama Fahim Sholahuddin mengatakan kepada wartawan media ini. sejauh atau seberat apapun kegiatan yang melibatkan ulama, kyai, dan pesantren. dirinya bersama para pesilatnya, akan selalu ikut tampil menjaga hingga memeriahkan jika dipandang perlu. “sebagai perguruan silat yang lahir dari kalangan pesantren yang dipimpin ulama juga kyai.

Pagar Nusa khususnya Pagar Nusa PAC Asjap Kab. Cirebon ini. akan terus siap sedia tanpa diminta, dimanapun dan kapanpun. dan hal itu juga yang saya harapkan kepada para pesilat, agar tetap terus bersemangat dalam setiap kegiatan yang bersifat religi keagamaan maupun kegiatan yang bersifat sosial. kami Pagar Nusa akan terus menjaga nama baik pendiri dan sesepuh, semua demi menggapai ridho illahi utamanya” pungkas Fahim. (KS)

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img