Kebiasaan Yang Baik Untuk Kesehatan Otak

Bisikbisik.id – Seiring bertambahnya usia, sering terjadi bahwa kita memakai kacamata dan mencarinya. Untuk mencegah situasi absurd ini, anda perlu memperbaiki kebiasaan buruk yang  membahayakan kesehatan otak anda.

Kesehatan otak yang buruk dapat menyebabkan salah satu penyakit yaitu demensia, Demensia merupakan sekelompok kondisi yang ditandai dengan penurunan setidaknya dua fungsi otak, seperti hilangnya memori dan kemampuan menilai.

Gejala umum termasuk mudah lupa, keterampilan sosial yang terbatas, dan kemampuan berpikir sangat terganggu sehingga mengganggu fungsi sehari-hari. Untuk membantu merawat kesehatan otak, ada beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan otak yang harus dihindari.

Kurang Olahraga 

Jika anda duduk terlalu lama di tempat kerja atau berbaring di sofa untuk menonton drama, akan cepat berisiko diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi yang cepat  meningkat. 

Semua ini bisa menjadi penyebab kesehatan otak. Berolahraga setidaknya 30 menit tiga kali seminggu sudah cukup.

Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak bahkan makanan yang sehat dapat mengganggu pembentukan jaringan saraf di otak, yang menyebabkan kerusakan pemikiran dan memori. 

Belum lagi makanan cepat saji. Orang yang makan hamburger, kentang goreng, dan minuman ringan sering kali memiliki area otak yang lebih kecil yang mengontrol pembelajaran dan memori.

Makan berlebihan menyebabkan kelebihan berat badan, penyakit kardiovaskular dan diabetes. Penyakit ini merupakan penyebab penyakit Alzheimer, penyakit degeneratif paling umum yang menyebabkan demensia.

Terlalu Lama Berdiam Di Rumah

Jika anda mengunci diri di ruangan yang gelap dan tidak mendapatkan cukup cahaya alami, anda akan merasa tertekan. 

Depresi memperlambat aktivitas otak. Dapatkan sinar matahari yang cukup untuk aktivitas di luar ruangan agar otak anda bekerja dengan lancar.

Hidup Sendiri

Manusia adalah makhluk sosial, yang bergantung pada sesama manusia lainnya. Orang-orang dengan teman dekat lebih bahagia dan lebih produktif di tempat kerja.

Orang-orang yang rukun dengan teman-teman cenderung tidak menderita penurunan fungsi otak atau demensia. Berbeda halnya bila anda sendirian dan kesepian, bertemanlah dengan bertemu orang-orang melalui klub seperti olahraga, senam atau menari.

Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Mengubah volume hingga maksimum dapat menyebabkan kerusakan pendengaran permanen dalam waktu 30 menit. 

Gangguan pendengaran dapat menyebabkan demensia. Ini karena otak begitu sibuk mendengarkan sehingga tidak dapat menyimpan informasi yang didengarnya. 

Saat mendengarkan musik dengan earphone dan headphone, disarankan untuk mendengarkan 60% atau kurang dari volume maksimum. Lepaskan earphone setiap 1-2 jam dan biarkan telinga Anda beristirahat.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img