Bolehkan Diet Saat Badan Kurus?

Bisikbisik.id – Siapa sih yang tidak ingin memiliki badan yang ideal. Bahkan tubuh yang indah adalah idaman wanita maupun pria. Diet pun memiliki berbagai metode tergantung individunya.

Meski begitu seseorang yang memiliki badan yang sudah cukup kurus, ada yang mencoba melakukan diet ekstrim. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang non-obesitas mungkin tidak sehat setelah beberapa tahun jika mereka melakukan diet.

Para peneliti mengatakan bahwa hanya orang-orang dengan kebutuhan medis yang harus melakukan diet dramatis. Bahwa risiko diabetes tipe 2 meningkat jika orang kurus yang telah kehilangan banyak berat badan melanjutkan diet ekstrim.

Dilansir dari situs naver bahwa para peneliti dari Harvard University School of Public Health menganalisis data dari 200.000 orang Amerika yang sehat (90% wanita) yang dikumpulkan antara tahun 1988 dan 2017.

Menurut indeks massa tubuh (BMI), tim peneliti mengklasifikasikan subjek analisis menjadi orang  kurus, orang kelebihan berat badan, dan orang gemuk. Para peneliti juga membagi setiap kelompok menjadi mereka yang kehilangan 9,9 pon (sekitar 4,5 kg) dalam waktu 4 tahun dan mereka yang  tidak. 

Para peneliti kemudian melihat bagaimana pelaku diet menurunkan berat badan melalui diet rendah kalori, olahraga, puasa, pil diet, dan program penurunan berat badan komersial.

Mereka menemukan bahwa orang kurus yang kehilangan berat badan secara dramatis 54% lebih  mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari. 

Ditemukan juga bahwa di antara orang kurus, mereka yang melakukan diet ekstrim mengalami  kenaikan berat badan di kemudian hari. Menurut tim peneliti, penurunan berat badan pada orang  kurus menyebabkan perubahan biologis, seperti peningkatan kadar ghrelin, hormon yang  merangsang nafsu makan, yang meningkatkan risiko kenaikan berat badan di masa depan. 

Diet ekstrem pada orang kurus dapat mengaktifkan daerah otak yang berhubungan dengan hadiah, membuatnya lebih mudah diakses oleh makanan asin dan manis, para peneliti memperingatkan.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img