Air Mani Mengeras Seperti Jeli, Tanda Kemandulan?

Bisikbisik.id – Air mani pria berperan sebagai media bagi sperma untuk bergerak dengan mudah. Namun, ada kasus ketika tiba-tiba mengeras seperti jeli dan habis. Banyak orang beranggapan bahwa mereka cenderung tidak subur atau memiliki kadar hormon pria yang rendah. Apakah itu benar?

Semen dibuat untuk membantu sperma bergerak dan bertahan hidup. Sperma yang diproduksi di testis perlahan-lahan bermigrasi melalui epididimis dan vas deferens. Secara umum, komponen semen dapat digolongkan menjadi 2 yaitu sel spermatozoa dan fase cair dalam semen atau sering disebut seminal plasma.

Selama proses ini, vesikula seminalis mengeluarkan cairan yang mengandung fruktosa untuk memberi makan sperma. Cairan ini membawa sperma dan menuju ke uretra, yang bercampur dengan zat yang disekresikan oleh prostat untuk membentuk cairan mani.

Alasan air mani bersifat basa adalah untuk membantu sperma bertahan hidup di vagina yang asam. Air mani yang dikeraskan agar-agar secara klinis tidak bergantung pada infertilitas.

Hal yang sama berlaku untuk hormon pria. Penelitian mengungkapkan sperma mengandung protein dan enzim proteolitik, tetapi jika protein dikeluarkan tanpa dekomposisi, mungkin mengeras seperti jeli.

Air mani yang terlalu encer, kekuningan, atau putih adalah temuan yang normal. Ini hanya sedikit berbeda tergantung pada jumlah air dalam tubuh dan kondisi. Namun, jika jumlah air mani terlalu sedikit atau berwarna kecokelatan, Anda perlu berhati-hati.

Air mani bisa dikatakan sebagai jari-jari aktivitas sperma, dan jika keputihan berkurang karena obesitas atau ejakulasi retrograde, kemungkinan kehamilan berkurang.

Selain itu, jika darah bercampur dengan air mani, mungkin berubah menjadi coklat, tetapi mungkin karena penyakit prostat seperti kanker prostat dan prostatitis, dan hemospermia yang disebabkan oleh radang saluran kemih bagian bawah.

Di sisi lain, infertilitas lebih terkait dengan sperma daripada air mani. Infertilitas didiagnosis dengan jumlah sperma per 1cc, bentuk sperma, dan motilitasnya.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img