Siap-Siap TV Analog Akan Mati Besok , Cari Tahu Cara Pindah Ke TV Digital

Bisikbisik.id – Pemerintah telah memutuskan akan mematikan siaran TV analog dan bermigrasi ke TV digital mulai hari Rabu, 2 November besok.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan transisi ke TV digital merupakan perintah undang-undang.

“Digitalisasi kan memang kan sudah ada perintah undang-undang dan pemerintah, Kementerian Kominfo sudah melakukan persiapan-persiapan,” kata Ma’ruf Amin

Ma’ruf mengatakan pemerintah sudah mensosialisasikan mengenai analog switch off (ASO) ini. Dia menyebut Indonesia memang sudah ketinggalan, sehingga perlu dilakukan digitalisasi.

Penghentian siaran TV analog merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bahwa di dalam undang-undang mengamanatkan masa transisi dari siaran TV analog ke digital itu adalah dua tahun.

Adapun langkah-langkah untuk mendapatkan siaran televisi digital.

Pertama, untuk bisa menonton siaran televisi digital, pertama Anda perlu pastikan bahwa di daerah Anda sudah terdapat siaran televisi digital. Unduh sinyal TV digital di Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengecek sinyal TV digital di daerah Anda.

Kedua, Anda memerlukan antena rumah biasa, yaitu antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena di dalam rumah ( indoor ) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog.

Ketiga, pastikan bahwa televisi di rumah Anda sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2. Kominfo sudah memberi rujukan merek dan seri set top box.

Jika televisi di rumah Anda hanya bisa menerima siaran televisi analog, maka Anda perlu memasang dekoder set top box. Set top box akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena untuk dapat ditampilkan meski televisi di rumah Anda adalah televisi untuk siaran analog.

Setelah perangkat televisi Anda tersambung, pilih opsi Pengaturan/Setting kemudian pilih auto scan untuk memindai program-program siaran televisi digital di sekitar Anda.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img