Respon Polisi Dinilai Lambat Saat Kejadian Malam Perayaan Halloween Di Itaewon

Bisikbisik.id – Respons polisi yang lambat terhadap panggilan darurat pada malam perayaan Halloween di kerumunan Itaewon mendapat sorotan dan kritik yang semakin meningkat.

Pada hari Rabu, 2 November, menyusul pengungkapan bahwa polisi mengabaikan serangkaian panggilan darurat tentang kepadatan penduduk di lingkungan itu beberapa jam sebelum bencana.

Badan Kepolisian Nasional Selasa merilis dokumen polisi yang mencatat laporan-laporan itu ketika Pemerintah Korea Selatan memutuskan menyelidiki apa yang salah dan siapa yang bertanggung jawab atas tragedi mematikan. Dimana seharusnya kecelakaan itu dapat dihindari atau diminimalkan jika polisi merespons tepat waktu.

Tragedi itu terjadi Sabtu, 29 Oktober malam ketika kerumunan besar pengunjung pesta Halloween memadati gang sempit selebar 3,2 meter di distrik hiburan Itaewon di Seoul.

Beberapa dari mereka mulai jatuh, menyebabkan yang lain jatuh secara menumpuk di atas satu sama lain, meninggalkan setidaknya 156 korban meninggal, yang kebanyakan berusia 20-an menjadi korban.

Menurut dokumen dan transkrip panggilan, polisi telah menerima total 11 laporan dalam empat jam sebelum kecelakaan, yang segera memperingatkan mereka akan risiko kecelakaan di gang. Polisi menanggapi empat dari mereka dengan menyuruh petugas pergi ke lokasi, membubarkan kerumunan dan kembali, sementara tidak ada tindakan yang diambil untuk menanggapi laporan yang tersisa.

Perintah polisi “Kode 0” yang meminta tanggapan secepat mungkin telah dikeluarkan untuk salah satu dari 11 laporan sementara “Kode 1” tertinggi kedua telah diterapkan pada tujuh lainnya, tetapi petugas polisi gagal mengambil tindakan yang sesuai.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img