Wapres Ma’ruf Amin Serahkan Bantuan BAZNAS Microfinance Masjid di Tangerang Selatan.

Bisikbisik.id – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyerahkan program bantuan BAZNAS Microfinance Masjid kepada jemaah Masjid At Taqwa, di Pondok Cabe Udik, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (11/11).

Program BAZNAS Microfinance Masjid merupakan produk Bank Zakat Mikro yang telah berjalan di 20 masjid Jabodetabek pada tahap awal ini.

Secara simbolis, bantuan diberikan Wapres Ma’ruf Amin bersama Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan, M.Si dan Prof (HC). Dr. Zainulbahar Noor, M.Ec kepada ketua DKM Masjid At Taqwa, Ali Agung serta disaksikan Wali Kota Tangerang Selatan, H Benyamin Davnie dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tangerang Selatan, Muchrowi M.Pd., dengan total bantuan mencapai Rp100 juta yang akan memberi manfaat kepada puluhan jemaah masjid pelaku UMKM.

Bantuan yang disalurkan merupakan bagian dari program Bank Zakat Mikro insiasi BAZNAS. Bank Zakat Mikro adalah layanan keuangan mikro yang digulirkan BAZNAS untuk mendayagunakan dana zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya kepada mustahik pelaku usaha mikro dalam bentuk pembiayaan permodalan dan pengembangan usaha.

Wapres Ma’ruf dalam sambutannya mengatakan, BAZNAS yang memiliki beragam program yang sangat berguna bagi kesejahteraan umat. Menurut Wapres Ma’ruf, BAZNAS telah membantu peran pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan melalui program produktif yang digulirkan.

“BAZNAS telah membantu peran pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial kepada mereka yang tergolong miskin, lewat dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat. Semoga semakin banyak masyarakat yang terbantu, karena BAZNAS tak hanya memberikan ikan, namun juga kailnya agar mustahik bisa mandiri secara ekonomi,” ujar Wapres.

Tak hanya itu, Wapres Ma’ruf juga memastikan pemerintah akan terus berusaha untuk mengatasi berbagai persoalan yang dialami masyarakat, khususnya di bidang ekonomi.

“Ini bagian dari pada upaya-upaya pemerintah yang terus berupaya mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan, MSi menyebut dalam program bantuan kali ini, pembiayaan BAZNAS Microfinance Masjid dijalankan dengan menggunakan prinsip al-Qardh, yaitu pembiayaan yang tidak menarik keuntungan baik dalam bentuk bagi hasil, margin atau istilah lain sejenis.

“Jadi dengan kata lain, para penerima manfaat dapat dengan tenang menjalankan usahanya. Kami juga ingin mereka terhindar dari riba saat menjalankan usaha,” ujarnya.

Prof (HC). Dr. Zainulbahar Noor, M.Ec, menambahkan, program BAZNAS Microfinance Masjid telah memberi manfaat kepada ratusan jiwa tersebar di 20 masjid termasuk masjid At Taqwa Pondok Cabe ini.

“Untuk sementara BAZNAS telah menyalurkan sekitar Rp1,7 miliar untuk membantu perkembangan jemaah. Angka ini masih kemungkinan akan bertambah karena BAZNAS ingin mengembangkan pemberian bantuan agar lebih luas, sehingga semakin banyak masyarakat rentan yang terbantu,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin melaksanakan Shalat Jum’at bersama sekitar 500 warga di Masjid At Taqwa Pondok Cabe. Bertindak sebagai Khatib adalah Pimpinan BAZNAS RI, Rizaludin Kurniawan, MSi dan Imam Shalat Jum’at, Drs Aan Ashari Royani.(am).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img