Diajak Nge-Vlog di Pantai Jokowi-Iriana, Wapres Harapkan UMKM di Kaimana Terus Berkembang.

Bisikbisik.id – Sebagai salah satu agenda kunjungannya di Kaimana, Papua Barat, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengunjungi Pantai Jokowi-Iriana yang berlokasi di Jalan Trikora Kaimana, Papua Barat.

Di lokasi tersebut, Wapres menyapa para pelaku UMKM yang berjualan di sepanjang area pujasera ( food court). Namun, langkah Wapres seketika terhenti saat dua orang pelaku UMKM mengajaknya untuk membuat vlog ( video blogging).

Adalah Sonya, seorang pemilik stan bernama Dapoer DWP, dengan antusias menanyakan kesan Wapres terhadap Kaimana.

Wapres pun mengungkapkan bahwa ia sangat terkesan dengan keramahan penduduk setempat yang terlihat dari sejak penyambutan ketibaannya hingga sepanjang jalan yang dilewati.

“Dan [penduduknya] ramah-ramah. Di sepanjang jalan saya mendapatkan sambutan luar biasa dan juga saya melihat masyarakatnya juga kreatif. Saya lihat ada pengusaha-pengusaha UMKM, mereka berjualan di pantai ini, Pantai Jokowi-Iriana. Kita harapkan ini akan terus berkembang lagi,” imbuh Wapres.

Sonia juga menanyakan secara khusus, tentang kedatangan Wapres ke Kaimana di waktu senja.

“Bagaimana perasaan dan kesan Bapak saat berada di Kaimana senja?,” tanya Sonya.

“Kota ini indah. Sudah terkenal ada lagunya. Kebetulan saya datang waktu senja jadi betul seperti lagu itu, Senja di Kaimana,” jawab Wapres dengan antusias.

Pada kesempatan yang sama, pelaku UMKM lainnya, Geida Sirfefa seorang pemilik Warung Wagit’nu, yang juga aktif sebagai pengurus majelis taklim (lembaga pendidikan Islam non-formal) di daerahnya menanyakan harapan dan pesan Wapres terhadap kemajuan majelis taklim di Kaimana.

“Kami di Kabupaten Kaimana mempunyai beberapa majelis taklim yang berada di beberapa distrik dan kampung-kampung. Kami mohon perhatiannya dari Bapak Wapres,” ungkap Geida.

Hal tersebut pun mendapat respon positif dari Wapres. Ia memberikan motivasinya agar kegiatan pada majelis taklim di Kaimana, selain dapat menjadi tempat belajar agama, juga menjadi sarana pemberdayaan masyarakat, khususnya perempuan.

“Saya kira berbagai komunitas termasuk majelis taklim itu selain mengaji juga mengembangkan ekonominya,” papar Wapres.

“Sebagai komunitas, majelis taklim ini biasanya ibu-ibu, ya. Itu juga supaya memanfaatkan anggotanya ini supaya bisa menjadi pengusaha-pengusaha perempuan. Perempuan juga sekarang kan tidak boleh ketinggalan, harus berlomba dengan yang laki-laki. Karena itu, wanita harus menjadi wanita yang juga penuh kreatif,” pungkasnya.

Hadir mendampingi Wapres di Pantai Jokowi Iriana, Bupati Kaimana Freddy Thie dan Ibu Ernawati Thie.(am).

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img