5 Rempah Yang Baik Untuk Kekebalan Tubuh

Bisikbisik.id – Ada berbagai cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit dan cepat pulih dari sakit. Cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan memilih makanan yang baik.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Integrative Medicine pada tahun 2020,  bumbu dan rempah-rempah, yang telah digunakan untuk tujuan pengobatan selama berabad-abad, mungkin merupakan makanan penambah kekebalan terbaik khususnya.

Berikut herbal dan rempah-rempah yang dapat ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan kekebalan dan cara penggunaannya.

1. Kunyit 

sumber : pexels by karl solano

Kunyit adalah rempah-rempah yang banyak digunakan untuk mengolah makanan, salah satu makanan yang menggumakan kunyit seperti soto, nasi goreng dan lontong sayur.

Tidak hanya untuk makanan, kunyit juga dapat diminum, seperti yang kita ketahui kunyit sering dipakai untuk minuman sehat yaitu jamu.

Bumbu kuning yang satu ini juga memiliki kandungan curcumin, senyawa aktif utama dalam kunyit, sangat efektif. Curcumin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat dan telah  terbukti meningkatkan penanda stres oksidatif.

Penggunaan: Kunyit lebih baik diserap bila dimakan dengan lemak. Oleh karena itu, ada baiknya  mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu dan memakannya dalam keadaan hangat. Anda juga  bisa menambahkannya ke kari, sup, atau daging panggang.

2. Jahe

sumber : pexels by pixabay

Jahe telah digunakan secara medis selama berabad-abad untuk mengobati sakit kepala, pilek, mual dan muntah. Menurut sebuah penelitian, jahe segar mencegah pembentukan plak yang disebabkan  oleh virus pernapasan manusia, virus pernapasan umum yang menyebabkan gejala flu ringan.

Senyawa dalam jahe telah menunjukkan sifat antioksidan, antiinflamasi, dan analgesik. Kandungan ini memperkuat sistem pertahanan tubuh dan membantu mencegah berbagai penyakit kronis.

Cara Pemakaian : Minum jahe sebagai teh hangat. Anda dapat menggunakan kantong teh jahe  yang tersedia secara komersial atau membuat teh jahe segar sendiri.

Berita terbaru lainnya

spot_imgspot_img

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img